Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Terus Monitor Aktivitas Ormas

Pemerintah akan terus memonitor aktivitas organisasi kemasyarakatan di Indonesia
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 20 Januari 2017  |  06:43 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah akan terus memonitor aktivitas organisasi kemasyarakatan di Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan hal yang akan dimonitor terkait azas yang dianut organisasi kemasyarakatan (ormas) beserta tujuan pendirian ormas.
"Nanti kami monitor mana ormas yang daftarkan dulu azasnya Pancasila, tapi sekarang justru teriak-teriak anti-Pancasila," ucap Tjahjo dalam laman resmi Kementerian Dalam Negeri, Kamis (19/1/2017).

Hal itu disampaikan Tjahjo menanggapi banyaknya ormas yang diduga kerap kali mengganggu ketertiban, tetapi tidak kunjung diproses secara hukum. Menurutnya, ormas yang tidak terdaftar jauh lebih banyak ketimbang yang terdaftar.


"Ormas yang tidak terdaftar itu melebihi jumlahnya dari yang terdaftar. Undang-undang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk berserikat," kata Tjahjo.
Karena itu, menurutnya, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.


Tjahjo mengakui bila saat ini pemerintah memang belum memiliki hal teknis yang jelas untuk membubarkan ormas yang melakukan kekerasaan dan tidak berbadan hukum.
"Kalau memang mau dirinci harus direvisi, tapi kan ini PP-nya baru sebulan. Kita lihat dululah. Sementara ini, biar kepolisian yang proses kalau ada gerakan ormas yang mengganggu ketertiban, melanggar hukum, dan menghina lambang negara," ucap Tjahjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pancasila tjahjo kumolo menteri dalam negeri
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top