Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lagi, Uji Materi UU MD3

Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3) kembali diujimaterikan ke Mahkamah Konstitusi.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 18 Januari 2017  |  13:14 WIB
Lagi, Uji Materi UU MD3
Gedung DPR di Senayan, Jakarta - Antara
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA – Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3) kembali diujimaterikan ke Mahkamah Konstitusi.

Pasal yang diujimaterikan yakni Pasal 84 ayat 2 dan Pasal 87 ayat 2 huruf d UU MD3. Sidang yang bakal digelar pada pukul 14.00 wib tersebut merupakan sidang perdana bagi proses judicial review tersebut.

“Agenda sidang merupakan pemeriksaan awal,” tulis keterangan resmi MK, Rabu (18/1/2017).

Adapun, pasal 84 ayat 2 UU MD3 mengatur tentang mekanisme pemilihan pimpinan DPR, dimana bunyi pasal tersebut menyebutkan bahwa pimpinan DPR yang terdiri dari satu ketua dan empat wakil dipilih dari dan anggota DPR dalam sebuah paket yang tetap.

Sedangkan, Pasal 87 ayat 2 huruf d  UU MD3 menyoal status pimpinan DPR yang diberhentikan jika diusulkan sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang berlaku.   

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, permohonan judicial review tersebut diajukan oleh Julkifli yang berasal dari Ketua Perkumpulan Pemerhati Parlemen Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

UU MD3
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top