Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BWI Gelar Gerakan Wakaf Produktif

Badan Wakaf Indonesia atau BWI membentuk Forum Wakaf Produktif guna mengakomodir lima tantangan utama dalam pelaksanaan wakaf di Tanah Air.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA—Badan Wakaf Indonesia atau BWI membentuk Forum Wakaf Produktif guna mengakomodir lima tantangan utama dalam pelaksanaan wakaf di Tanah Air.

Ketua BWI Slamet Riyanto mengatakan forum tersebut pada dasarnya menjadi wadah pengembangan pengelolaan aset wakaf yang selama ini ada dan tersebar di antara para nazir wakaf atau pengelola wakaf.

“Melalui forum tersebut kami gagas Gerakan Wakaf Produktif serta coba menginisiasi pencanangan Hari Wakaf Produktif Nasional,” katanya, di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Lima tantangan utama yang dimaksud BWI a.l. pandangan masyarakat bahwa wakaf harus selalu dikerjakan dalam bilangan besar dan identik dengan kelas menengah atas. Ini artinya, tak semua segmen masyarakat bisa menunaikan wakaf.

Tantangan kedua, belum optimalnya aset wakaf sebagai sumber perekonomian produktif yang bisa menyediakan lapangan kerja. Ketiga, minimnya sinergi antarpemangku kepentingan di dunia perwakafan.

Keempat ialah belum optimalnya sektor ekonomi islami dalam memberikan multiplier efek bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Adapun yang terakhir adalah peran perbankan sebagai agen pembangunan yang melakukan terobosan positif terhadap aset wakaf.

“Bicara tentang wakaf itu erat kaitannya dengan pengelolan aset masyarakat dan mengembangkannya menjadi sektor ekonomi produktif,” tutur Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper