Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEMO 2 DESEMBER: Kapolda Larang Aksi Demo dan Shalat Jumat di Jalanan Sudirman-Thamrin

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan menegaskan pihaknya tidak akan memberi izin pelaksanaan sholat di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin yang rencananya akan digelar pada Jumat (2/12/2016) nanti.
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan/Antara
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan menegaskan pihaknya tidak akan memberi izin pelaksanaan sholat di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin yang rencananya akan digelar pada Jumat (2/12/2016) nanti.

Menurutnya, jika ingin menunaikan ibadah shalat, sudah ada tempat-tempat ibadah seperti di Masjid Istiqlal dan mesjid-mesjid lain di sepanjang lokasi yang direncanakan.

"Dari informasi yang didapat, para pengunjuk rasa akan melakukan sholat Jumat di sepanjang Sudirman-Thamrin. Itu fasilitas umum, tidak boleh dilakukan. Kalau mau sholat ada tempatnya, ada di Masjid Istiqlal dan masjid di sepanjang itu [jalan Sudirman-Thamrin] ada," tegasnya, Senin (21/11/2016).

Selain rencana sholat, pihaknya juga tidak akan mengizinkan dilakukannya demo di tempat-tempat umum. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dalam UU No.o/1998 terkait kebebasan menyampaikan pendapat, unjuk rasa tidaklah dilarang tetapi tidak boleh mengganggu ketertiban umum dan jalannya aktivitas.

"Hari Jumat itu hari orang bekerja, bersekolah dan aktivitas lainnya seperti di rumah sakit dan sebagainya. Oleh sebab itu, pemerintah melarang untuk berdemo di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman, demikian yang disampaikan Pak Kapolri," katanya.

Guna mengantisipasi terjadinya demo di tempat umum, Iriawan mengatakan pihaknya akan memfinalisasi sinkronisasi di tubuh divisi hukum Polri untuk kemudian mengeluarkan maklumat yang berisi larangan berdemo di tempat umum dengan mencantumkan pasal-pasal terkait demo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper