Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEMO 4 NOVEMBER : Panglima Minta Prajurit TNI Jangan Terpancing Emosi

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berharap demonstrasi, Jumat 4 November 2016, dapat berjalan dengan damai, aman dan tertib serta tidak menimbulkan korban jiwa. Karena itu dia meminta kepada para prajuritnya agar tidak terpancing emosi bila ada segelintir demonstran yang hendak membuat keonaran.
Panglima TNI Jenderal TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (kiri) memeriksa pasukan/Antara
Panglima TNI Jenderal TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (kiri) memeriksa pasukan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berharap demonstrasi, Jumat 4 November 2016, dapat berjalan dengan damai, aman dan tertib serta tidak menimbulkan korban jiwa. Karena itu dia meminta kepada para prajuritnya agar tidak terpancing emosi bila ada segelintir demonstran yang hendak membuat keonaran.
 
Menurut Gatot dalam demonstrasi ada kelompok-kelompok yang menginginkan massa menjadi beringas, karena massa yang melakukan demonstrasi paling depan umumnya anak-anak muda yang emosinya mudah terbakar.

“Kalau prajurit TNI/Polri dimaki-maki dengan kata-kata kasar oleh demonstran, jangan terpancing karena itu skenario dan tujuan mereka,” katanya didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memimpin Apel Gabungan para Komandan Pasukan TNI dan Polri, di Lapangan Upacara Denma Mabesad, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016) seperti dalam keterangan tertulis.
 
“Saya selaku Panglima TNI bersama Kapolri harus memprediksi, apabila terjadi hal-hal yang terjelek, maka yang diamankan terlebih dahulu adalah bukan pendemo yang anarkis tetapi masyarakat yang sedang beraktivitas yang kita amankan, agar jangan sampai terganggu aktivitasnya."
 
Menurut Gatot kumpulan kelompok massa yang banyak dalam aksi demonstrasi, cenderung akan menimbulkan hal-hal diluar perkiraan dan efek yang tidak bagus. “Kelompok yang baik, setengah baik dan buruk, ketika sudah berkumpul bersama-sama bisa saja menjadi buruk dan bisa menjadi baik, semuannya tergantung situasi,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan kepada para Komandan Pasukan TNI dan Polri agar menyampaikan kepada anggotanya tentang prosedur evakuasi dalam menghadapi demonstrasi, sehingga mengerti dan memahami tugasnya. “Ini menjadi tugas komandan untuk mengendalikan anggotanya dilapangan pada saat berhadapan dengan demonstran,” jelasnya.
 
“Marilah kita berdoa dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar demo besok berjalan dengan damai, aman dan tertib. Saya yakin doa ribuan petugas dengan niat baik pasti dikabulkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper