Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Umrahkan Puluhan Penjaga Masjid, Ahok Berharap Berangkatkan 100 Orang Lagi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberangkatkan marbut atau penjaga masjid untuk melaksanakan ibadah umrah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Oktober 2016  |  16:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama - Antara
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberangkatkan marbut atau penjaga masjid untuk melaksanakan ibadah umrah.

Rencananya para marbut dari lima wilayah kota dan kabupaten akan diberangkatkan umrah pada awal November 2016 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan telah meminta agar jumlah marbut yang diberangkatkan terus ditambah setiap tahun. Jika perlu para marbut diberangkatkan umrah setiap dua bulan sekali.

"Tahun lalu ada 40 marbut yang diberangkatkan, tahun ini cuma tambah 10 orang saja. Kalau perlu setiap bulan berangkatkan 100 orang," katanya saat melepas jemaah umrah 50 marbut di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (27/10).

Ia menginginkan, seluruh marbut yang ada di seluruh wilayah Ibukota bisa diberangkatkan umrah. Mengingat jumlah masjid yang tersebar di lima wilayah dan satu kabupaten mencapai lebih dari 3.000 unit.

"Yang penting seleksinya benar. Dewan Masjid harus melakukan seleksi dengan ketat," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Mamun Al Ayubi menjelaskan, saat ini masih ada ribuan marbut yang menunggu untuk diberangkatkan umrah. Tahun depan, pihaknya sudah menganggarkan memberangkatkan 60 marbut.

"Beruntung untuk marbut yang bisa berangkat tahun ini. Tahun depan sudah dianggarkan juga. Kami harap jumlahnya bisa lebih banyak," harapnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan seleksi kepada marbut yang akan diberangkatkan umrah. Para marbut yang terpilih harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki rekening Bank DKI, hafal surat pendek minimal 10 surat dan sudah bekerja sebagai marbut di atas lima tahun.

Pantauan Beritajakarta.com, pada acara ini, Basuki secara simbolis juga menyerahkan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kepada para marbut.

Ia juga meminta Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono untuk melepas keberangkatan 50 marbut.

Mengingat, saat ini Sumarsono telah ditunjuk  sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ahok

Sumber : Berita Jakarta

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top