Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trump Kritik Kebijakan Suriah Hillary, Bisa Picu Perang Dunia Ketiga

Calon Presiden Amerika dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa rencana yang diutarakan rivalnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton terkait Suriah akan memicu perang dunia ketiga karena berpotensi konflik dengan pasukan militer Rusia yang bersenjatakan nuklir.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 26 Oktober 2016  |  10:26 WIB
Bakal calon presiden Amerika Serikat dari partai Republik Donald Trump. - Reuters
Bakal calon presiden Amerika Serikat dari partai Republik Donald Trump. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA— Calon Presiden Amerika dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa rencana yang diutarakan rivalnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton terkait Suriah akan memicu perang dunia ketiga karena berpotensi konflik dengan pasukan militer Rusia yang bersenjatakan nuklir.

Dalam sebuah wawancara yang berfokus pada kebijakan luar negeri, Trump mengatakan bahwa mengalahkan kelompok ISIS menjadi prioritas yang lebih penting dibandingkan dengan meyakinkan Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mundur dari jabatannya.

Trump mempertanyakan bagaimana Hillary Clinton akan bernegosiasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin setelah membuat citranya terlihat buruk. Dia juga menyalahkan Presiden Amerika saat ini, Barack Obama, atas renggangnya hubungan negara tersebut dengan Filipina dibawah pemerintahan Rodrigo Duterte. Selain itu, Trump menyesalkan perpecahan yang terjadi di tubuh Partai Republik setelah pencalonannya. Dia juga mengklaim akan dengan mudah memenangkan pemilu nanti jika seluruh pemimpin partai bersatu mendukungnya.

 “Jika partai kita bersatu, kita tidak akan kalah dari Hillary Clinton dalam pemilu,” kartanya seperti dikutip dari Reuters , Rabu (26/10/2015).

Terkait perang sipil di Suriah, Trump mengatakan bahwa Clinton berpotensi menyeret Amerika masuk dalam pusaran perang dunia dikarenakan sikapnya yang lebih agresif dalam penyelesaian konflik.

Clinton sebelumnya menyerukan pembentukan zona larangan terbang dan zona aman di darat guna melindungi pihak non kombatan atau pihak yang seharusnya tidak boleh diserang dalam perang.

 “Yang seharusnya kita lakukan adalah fokus terhadap ISIS. Kita seharusnya tidak fokus pada Suriah. Mendengarkan Hillary Clinton akan menyebabkan perang dunia ketiga,” kata Trump

Sermentara itu, Tim kampanye Clitnon pun menepis kritik tersebut dan menggaris bawahi bahwa ahli keamanan negara dari kedua belah pihak baik Partai Republik dan Demokrat telah mengecam Trump dan mengatakan dia tidak layak menjadi panglima tertinggi.

 “Sekali lagi, dia hanya mengutip inti pembicaraan Putin dan mencoba menakuti Amerika sembari menolak untuk menyampaikan renanaya sendiri terkait cara untuk mengalahkan ISIS atau mengurangi penderitaan yang melanda Suriah,” sebut juru bicara Clinton, Jesse Lenhrich dalam sebuah pernyataan.

Trump juga mengatakan bahwa saat ini Assad lebih kuat dibandingkan dengan tiga tahun lalu dan berusaha menurunkanya dari kursi pemerintahan tidak terlalu penting dibandingkan dengan mengalahkan ISIS.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suriah perang dunia ketiga Hillary Clinton ISIS Donald Trump

Sumber : Reuters

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top