Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dana Kemanusiaan Kini Bisa Dikirim Lewat Ponsel

Mastercard bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Amerika (American Red Cross) meluncurkan program Mastercard Sendnn
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 25 Oktober 2016  |  23:39 WIB
Ilustrasi. - .bisnis
Ilustrasi. - .bisnis

Kabar24.com,JAKARTA- Mastercard bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Amerika (American Red Cross) meluncurkan program Mastercard Send.

Shari Krikorian, Vice President Digital Payments and Labs Mastercard mengatakan program tersebut memungkinkan pendistribusikan dana secara digital kepada para keluarga di Indonesia melalui ponsel mereka.

“Dengan menggunakan Mastercard Send para keluarga tersebut dapat menggunakan dana bantuan untuk membeli air dan kebutuhan lainnya selama musim kemarau,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (25/10/2016).

Program ini didasarkan pada fakta bahwa ada 2 milyar orang di seluruh dunia yang belum memiliki akses terhadap rekening bank. Di sisi lain jumlah pengguna ponsel di seluruh dunia mencapai angka yang luar biasa, yakni hingga 7,1 miliar tahun lalu dan diperkirakan akan segera melampaui jumlah populasi dunia.

Hal ini menunjukkan bahwa teknologi yang ada dalam ponsel tidak hanya merupakan sebuah titik awal untuk membawa mereka terlibat dalam akses utama keuangan, tetapi juga dengan cepat menjadi sebuah medium yang efektif untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

“Tujuan utama kami ialah untuk menyediakan sebuah layanan inovatif yang memungkinkan organisasi kemanusiaan untuk mendistribusikan dana secara efisien dan digital bagi para penerima manfaat bantuan tersebut,” imbuhnya.

Mastercard Send memanfaatkan teknologi yang dirancang untuk layanan pengiriman uang yang terhubung kepada jaringan yang luas dari operator jaringan seluler, bank serta institusi layanan pengiriman uang di seluruh dunia.

Teknologi tersebut memungkinkan organisasi kemanusiaan untuk mengirimkan dana melalui saluran yang beragam, seperti kartu pembayaran, mobile money, rekening bank, dan agen cash-out, dari mana saja di seluruh dunia.

Selain itu, dengan adanya akses terhadap mobile wallet ataupun kartu pembayaran, para penerima bantuan dapat menerima jenis pembayaran lainnya seperti pengiriman uang elektronik dari teman maupun keluarga di luar negeri melalui metode yang sama.

Dengan menggunakan Mastercard Send dan mitra telekomunikasi lokal yakni Indosat Ooredoo melalui produk mereka yang dinamakan dengan ‘Dompetku Pengiriman Uang’, para penerima bantuan di Indonesia dapat menerima bantuan dari Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Amerika melalui mobile wallet yang telah diregistrasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pmi
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top