Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lapor ke Polisi, Warga Jakarta Bisa Gunakan Aplikasi Siap PMJ

Aplikasi Siap PMJ milik Polda Metro Jaya rencananya akan siap melayani warga Jakarta mulai 27 Oktober 2016. Meski begitu, aplikasi Siap PMJ saat ini sudah dapat diunduh di Playstore pada ponsel berbasis Android.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 22 Oktober 2016  |  13:47 WIB
Ilustrasi polisi mengamankan kerusuhan - Antara
Ilustrasi polisi mengamankan kerusuhan - Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Aplikasi Siap PMJ milik Polda Metro Jaya rencananya akan melayani warga Jakarta mulai 27 Oktober 2016.

Meski begitu, aplikasi Siap PMJ saat ini sudah dapat diunduh di Playstore pada ponsel berbasis Android. Polda Metro Jaya berkerja sama dengan startup lokal, MyAppsTechIndo, membuat aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat melaporkan peristiwa yang memerlukan bantuan kepolisian.

“Aplikasi ini adalah bentuk keinginan kepolisian untuk lebih cepat mengetahui keadalan di lapangan melalui laporan warga,” ujar Direktur MyAppsTechIndo Aryo H. Notowidigdo kepada Bisnis, Sabtu (22/10/2016).

Aplikasi ini memiliki konsep serupa dengan yang telah diterapkan di Jawa Timur. Perbedaannya, Siap PMJ sudah mengintegrasikan seluruh tingkat kepolisian, mulai Polsek hingga Polda.

“Katakanlah begini, Polsek Tambora tidak bisa meng-cover laporan, otomatis akan eskalasi ke Polres Jakbar. Kurang juga, eskalasi ke Polda secara langsung,” ujarnya.

Dengan demikian, diharapkan seluruh laporan masyarakat dapat direspons dengan cepat. Menurut Aryo, aplikasi ini cukup ringan dan mudah digunakan. Tampilannya sederhana dengan fitur-fitur yang terpampang begitu pengguna membuka aplikasi.

Tombol terbesar ialah tombol SOS, tanda bahaya untuk segera meminta respons dari kepolisian. Selain itu ada tombol “LAPOR” yang berfungsi mengirimkan laporan dalam betuk teks, foto, dan video.

Ada juga tombol “POLISI TERDEKAT” yang dapat menunjukan pos polisi terdekat dari lokasi pengguna aplikasi. Kemudian, juga ada tombol “ALARM”. Fitur ini untuk mengaktifkan suara terkeras ponsel pengguna sehingga akan menarik perhatian orang sekitar. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda metro jaya
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top