Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEBAT CAPRES AS: Komentar Trump Jadi Bulan-Bulanan Netizen

Calon Presiden Amerika dari Partai Republik, Donald Trump memicu kegusaran di media sosial pada Rabu (19/10/2016) setelah dia mengatakan kalimat kontroversial dan menyebut rivalnya Hillary Clinton sebagai wanita yang menjijikkan.
Donald Trump dan Hillary Clinton/Reuters
Donald Trump dan Hillary Clinton/Reuters

Kabar24.com,NEW YORK— Calon Presiden Amerika dari Partai Republik, Donald Trump memicu kegusaran di media sosial pada Rabu (19/10/2016) setelah dia mengatakan kalimat kontroversial dan menyebut rivalnya Hillary Clinton sebagai wanita yang menjijikkan.

The remarks during the third and final presidential debate came as Trump struggles to attract support from Latinos and women ahead of the Nov. 8 presidential election.

Trump memuntahkan kalimat-kalimat tersebut dalam debat ketiga ditengah usahanya untuk menarik dukungan dari para warga Latin dan kaum wanita jelang pemilihan yang akan berlangsung pada 8 November nanti.

Selama debat tersebut, Trump berulang kali menyerukan idenya untuk memperkuat keamanan di perbatasan Meksiko. Dia juga menambahkan bahwa dirinya akan terus memburu bandar narkoba di Amerika.

“Kita harus menjaga agar obat-obat terlarang tidak masuk ke negara kita … Ada banyak orang jahat [bad hombre] di sini dan kita akan mengeluarkan mereka,” katanya seperti dikutip dari reuters, Kamis (20/10/2016).

Para netizen pun dengan cepat merespon kalimat Trump tersebut. Sebuah cuitan dari José N Miranda seorang netizen yang merasa disebut sebagai bad hombre oleh Trump menyebut bahwa dirinya merupakan orang pertama di keluarganya yang lulus dari perguruan tinggi, ikut ambil bagian dalam Americorps [sebuah lembaga yang membantu sistem pendidikan dan kebersihan lingkungan] serta mengajar di sekolah negeri.

"This #BadHombres is the first of his family to graduate from college, did Americorps & taught in public schools," cuit José N Miranda.

Istilah bad Hombre menjadi topik paling banyak didiskusikan di media sosial di Amerika dan di retweet sebanyak 134.000 kali selama dan setelah debat.

Trump menuai banyak kritik atas komentarnya terkait imigran ilegal dari Meksiko. Dalam sebuah pidatonya pada 2015, Trump menuduh Meksiko telah mengirimkan sejumlah pemerkosa dan pelaku kriminal lainya ke Amerika.

Dalam debat pada Rabu (19/10/2016) Trump menyela ketika Clinton mengatakan bahwa dia akan menaikan pajak yang dikenakan atas orang kaya guna mendukung program dana pensiun dan Trump juga akan membayar pajak lebih tinggi kecuali dia bisa menghindar.

“Perempuan menjijikkan [such a nasty woman],” kata Trump.

Komentar Trump tersebutpun dengan cepat langsung menjadi bulan-bulanan netizen dan lebih dari 300,000 cuitan menggunakan frasa #nastywoman hingga Kamis (20/10/2016) dini hari waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper