Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIDANG UMUM PBB: Suasana Sidang Gaduh

Peter Thomson, presiden sesi ke-71 Majelis Umum PBB, pada Selasa (20/9/2016) memukul-mukulkan palunya ke meja untuk mengatasi kegaduhan di ruang sidang yang akan segera menghadirkan para pemimpin dunia untuk menyampaikan pidato mereka.
Sidang Umum PBB/wikimedia.org
Sidang Umum PBB/wikimedia.org

Bisnis.com, NEW YORK -  Peter Thomson, presiden sesi ke-71 Majelis Umum PBB, pada Selasa (20/9/2016) memukul-mukulkan palunya ke meja untuk mengatasi kegaduhan di ruang sidang yang akan segera menghadirkan para pemimpin dunia untuk menyampaikan pidato mereka.

Pengerahan palu seperti itu untuk menenangkan situasi merupakan hal yang tidak biasa terjadi dalam sidang Majelis Umum (MU) PBB.

Thomson terpaksa harus mengetok-ngetokkan palunya beberapa kali untuk menertibkan ruangan MU, tempat beranggotakan 193 negara bersidang, karena banyak delegasi berseliweran di lorong dan tepi-tepi kursi hingga mengganggu pertemuan yang sedang berjalan.

Thomson memerintahkan para petugas keamanan PBB untuk menunjukkan jalan keluar kepada para delegasi yang sedang mengobrol.

Ia meminta anggota-anggota delegasi yang berada di ruangan besar itu untuk menunjukkan hormat kepada para kepala negara yang sedang dan akan maju ke podium untuk menyampaikan pidato.

"Para delegasi, tolong duduk, ada begitu banyak kepala negara dan kepala pemerintahan" yang terdaftar untuk menyampaikan pidato di depan Majelis Umum, pintanya dengan menggunakan pengeras suara.

Thomson meminta mereka yang sedang bercakap-cakap di ujung ruangan untuk keluar dengan tenang sehingga ia dapat mengundang kepala negara berikutnya untuk berpidato.

Presiden yang berwajah tanpa ekspresi itu adalah duta besar Fiji untuk PBB.

Thomson baru pertama kali memimpin sidang umum MU-PBB, yang dimulai pada Selasa di New York dan akan berlangsung selama satu pekan.

Dalam satu pekan, lebih dari 140 kepala negara dan kepala pemerintahan dijadwalkan memberikan pernyataan di sidang MU-PBB.

"Untuk Anda yang masih mengobrol, saya minta agar menghargai kepala negara" yang sedang akan berbicara di mimbar, kata Thomson.

Setelah beberapa kali memukul-mukulkan palunya ke meja, presiden MU-PBB itu berhasil menenangkan situasi di ruang sidang.

Menurut jadwal sebelumnya dan tradisi sebagai perwakilan negara tuan rumah, Amerika Serikat mendapat urutan kedua untuk memberikan pernyataan pada sidang umum MU-PBB.

Namun, tahun ini tradisi itu patah karena Presiden AS Barack Obama terlambat datang.

Dengan demikian, Presiden Chad Idriss Deby Itno menempati urutan kedua untuk menyampaikan pidato. Ia sebelumnya dijadwalkan berbicara pada urutan ketiga.

Menurut tradisi, Brazil menempati urutan pertama karena beberapa tahun lalu pembicara pertama tidak hadir tepat waktu sehingga Brazil mengambil posisi kesatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/Xinhua
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper