Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakarta Kukuhkan Diri sebagai Provinsi Literasi Pertama

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan puncak peringatan penyelenggaraan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) 2016, Sabtu (17/9).
Siswa baru mengikuti upacara bendera di SMPN 4 Jakarta./Antara
Siswa baru mengikuti upacara bendera di SMPN 4 Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan puncak peringatan penyelenggaraan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) 2016, Sabtu (17/9).

Kepala BPAD Provinsi DKI Jakarta, Tinia Budiati mengatakan peringatan Hanjaba tahun ini mengangkat tema Apresiasi Literasi Digital. Hal itu untuk mengapresiasi perkembangan dunia perpustakaan dan literasi yang terus bertransformasi dari media cetak yang konvensional menuju media elektronik yang digital.

"Peringatan tahun ini menjadi sangat signifikan karena bertepatan dengan dicanangkannya Provinsi DKI Jakarta sebagai Provinsi Literasi yang pertama di Indonesia, di mana salah satu misinya adalah membaca lima juta buku dan mempublikasikan satu juta buku dalam satu tahun," ujarnya, seperti siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (16/9/2016) malam.

Dia mengungkapkan, penyelenggaraan Hanjaba tahun ini lebih lebih menekankan pada penggunaan media digital termasuk pemanfaatan perpustakaan digital iJakarta.

Selain itu, Hanjaba tahun ini diisi dengan berbagai macam kegiatan lomba yaitu mewarnai cover buku bagi anak SD, membuat komik bagi anak SMP, menulis resensi buku bagi anak SMA, menulis konten blog untuk umum.

Keempat lomba tersebut dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kota/kabupaten di enam wilayah mulai Juli 2016.

Selain itu ada pula lomba untuk anak berkebutuhan khusus yaitu lomba mewarnai buku bagi murid SDLB kelas 1-3 dan lomba menggambar perpustakaan bagi murid SDLB kelas 5-6.

Untuk anak panti sosial diadakan lomba membaca puisi untuk anak usia 7 – 12 tahun dan lomba menulis pantun untuk remaja usia 13 – 18 tahun. Acara final berbagai lomba itu dilaksanakan di Perpustakaan Umum Cikini pada 30 – 31 Agustus lalu.

Peringatan puncak peringatan Hanjaba tahun ini turut dihadiri oleh 909 audiens, terdiri dari 273 peserta lomba serta 636 orang terdiri dari Kedubes, Kementrian, Lembaga, Biro, Dinas, Badan, Walikota/Bupati, KPAK, Lurah, Dewan Perpustakaan, Forum TBM, Komunitas Jakarta Cerdas, Bersatu untuk Jakarta, para penyumbang buku, Perusahaan pendukung, dan para pendamping peserta.

Dalam acara tersebut diisi dengan pengumuman dan pembagian hadiah lomba Hanjaba, penilaian RPTRA terbaik, dan lomba dari Perpustakaan Nasional RI.
Disamping itu juga ada Pameran Filateli dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, Pameran Robotic Sekolah Robotic Explorer, dan Penandatangan Sampul Perangko PT Pos Indonesia.

Dimeriahkan hiburan gerak dan lagu dari anak panti Dinas Sosial, foto bersama Gubernur, wisata Balaikota, display iJakarta corner, penelusuran arsip IMB, konservasi arsip, demo lomba-lomba Hanjaba, dan wisata kuliner khas Betawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper