Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semester I/2016, Volume dan Nilai Ekspor Lobster di Bali Turun Drastis

Dampak pelarangan mengekspor lobster ukuran tertentu dirasakan oleh Bali berupa turunnya volume dan nilai ekspor komoditas jenis ini.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 05 September 2016  |  13:38 WIB
Semester I/2016, Volume dan Nilai Ekspor Lobster di Bali Turun Drastis
Data Dinas Kelautan dan Perikanan Bali menunjukkan volume ekspor lobster turun hingga 59,81% pada semester I - ilustrasi
Bagikan

Kabar24.com, DENPASAR-- Dampak pelarangan mengekspor lobster ukuran tertentu dirasakan oleh Bali berupa turunnya volume dan nilai ekspor komoditas ‎jenis ini.

Data Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bali menunjukkan, pada semester I/2016, volume ekspor lobster turun hingga 59,81% menjadi 18,29 ton, dibandingkan periode sama tahun lalu 45,5 ton. Nilai ekspor juga memperlihatkan penurunan sebesar 25,5% menjadi US$1,01 juta, dari periode sama tahun lalu US$1,4 juta.

‎Negara lobster dari Bali selama ‎ini adalah Vietnam, China, dan Singapura. Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Bali I Made Gunaja mengakui Permen KKP No.1/2014 tentang Penangkapan Lobster Kepiting dan Rajungan menjadi penyebab turunnya komoditas tersebut.

"Itu yang dari kami sebenarnya sudah usulkan kepada KKP agar kondisi nelayan lobster Bali bisa difasilitasi, karena memang tangkapan lobster disini lebih kecil dari ketentuan karena spesifik ukurannya dengan daerah lain," tuturnya, Senin (5/8/2016).

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Ketut Arsana Yasa menjelaskan kondisi yang dialami nelayan lobster di Bali semakin parah akibat keluarnya aturan tersebut. Nelayan di Tabanan dan Jembrana, dua daerah penghasil tangkapan lobster di Bali, menyatakan penurunan tangkapan sudah mencapai 70%.

Menurutnya, lobster dengan berat di atas 200 gram sangat sedikit jumlahnya di perairan biasa mereka menjala. Kebanyakan berat lobster yang berhasil diperoleh justru di bawah 200 gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor Lobster
Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top