Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XI JINPING: China Dukung Pertumbuhan Global

Presiden China Xi Jinping mengatakan China siap mendukung pertumbuhan global agar menjadi lebih baik, dengan bekerja sama dan kooperatif dengan negara-negara lain, sehingga menghasilkan keuntungan bagi masyarakat dunia.
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo/jokowinomics.com
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo/jokowinomics.com

Bisnis.com, HANGZHOU, China -  Presiden China Xi Jinping mengatakan China siap mendukung pertumbuhan global agar menjadi lebih baik, dengan bekerja sama dan kooperatif dengan negara-negara lain, sehingga menghasilkan keuntungan bagi masyarakat dunia.

 "Perlambatan pertumbuhan global kini menjadi tantangan kita bersama, tidak saja bagi negara-negara kelompok 20," katanya dalam pembukaan Forum Bisnis G20 (B20) di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Sabtu (3/9/2016) petang.

 Xi Jinping mengatakan meski China  juga mengalami pertumbuhan yang melambat namun masih dapat menjaga stabilitas pertumbuhan.

"Reformasi dan keterbukaan yang dilakukan China, telah memberikan kemajuan bagi China untuk membangun konstruksi ekonomi relatif kuat," katanya.

Ia menambahkan reformasi dan keterbukaan yang dilakukan mampu membuat China mampu mewujudkan pembangunan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, serta mampu membuat China melangkah maju secara global, dan dunia kini menuju China.

Xi Jinping menegaskan China siap bekerja sama, bersikap kooperatif dengan semua negara, baik maju maupun berkembang, guna mendukung pertumbuhan global yang lebih baik.

"Kita harus dapat mengedepankan kesamaan kepentingan dan meminimalkan perbedaan. Apa yang dilakukan dan dihasilkan negara kelompok 20 bukan semata untuk anggota G20, tetapi untuk semua masyarakat dunia, untuk mewujudkan kemakmuran bersama," katanya.

Presiden Xi menambahkan, "jika pun ada perbedaan, perseteruan, hendaknya diselesaikan secara dialog, sehingga kita semua dapat mewujudkan stabilitas keamanan dan perdamaian,".

Ia mengingatkan, sejarah membuktikan kemakmuran tidak akan terwujud tanpa pertumbuhan ekonomi yang positif, tanpa kemakmuran. Sebaliknya, tanpa pertumbuhan ekonomi yang positif, stabilitas keamanan dan perdamaian juga tidak akan terwujud.

"China  telah menunjukkan kerja sama yang positif antara lain dengan meratifikasi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim, untuk mendukung pembangunan ramah lingkungan berkelanjutan. Itu semua guna mewujudkan pertumbuhan global yang positif," kata Xi Jinping.

 Pelaku bisnis dan usahawan adalah kunci utama untuk mewujudkan pertumbuhan global yang lebih positif. "Saya berharap dalam forum ini dapat dihasilkan sesuatu yang konstruktif untuk mendukung pertumbuhan global yang positif," katanya.

 Forum B20 akan berdiskusi hingga Minggu (4/9) dengan fokus bahasan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang seimbang dan berkelanjutan. Ada enam isu utama yang menjadi agenda pembahasan B20 yakni pembiayaan, perdagangan dan investasi, infrastruktur, usaha kecil dan menengah (UKM), pekerjaan dan anti-korupsi.

Usai pertemuan, B20 akan menghasilkan sejumlah rekomendasi yang akan diajukan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-11 pada 4-5 September di tempat yang sa


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper