Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google Tangguhkan Proyek Smartphone Modular

Alphabet Inc Google menangguhkan Proyek Ara, upaya ambisius untuk membangun smartphone modular dengan komponen saling dipertukarkan, sebagai bagian dari upaya untuk merampingkan usaha perusahaan hardware itu, demikian kata dua orang yang mengetahui masalah tersebut.
Ilustrasi/Reuters-Darren Staples
Ilustrasi/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, SAN FRANCISCO - Alphabet Inc Google  menangguhkan Proyek Ara, upaya ambisius untuk membangun smartphone modular dengan komponen saling dipertukarkan,  sebagai bagian dari upaya   untuk merampingkan usaha perusahaan hardware itu, demikian kata dua orang yang mengetahui  masalah tersebut.

Langkah ini menandai tentang wajah  perusahaan teknologi itu, yang mengumumkan sejumlah mitra untuk proyek Ara di konferensi pengembang pada  Mei lalu dan mengatakan akan mengirimkan produk edisi pengembangan  pada musim gugur ini.

Tujuan perusahaan adalah untuk menciptakan sebuah ponsel yang penggunaanya bisa menyesuaikan dengan cepat dengan baterai ekstra, kamera, speaker atau komponen lainnya.

Seorang juru bicara untuk Google menolak untuk mengomentari masalah ini.

Meskipun Google tidak akan merilis ponsel sendiri, perusahaan dapat bekerja dengan mitra untuk membawa teknologi Project Ara ke pasar, berpotensi melalui perjanjian lisensi, ujar salah satu orang yang mengetahui  tentang masalah tersebut.

Axing Proyek Ara adalah salah satu langkah pertama dalam kampanye untuk menyatukan berbagai upaya hardware Google, yang berkisar dari laptop Chromebook ke ponsel Nexus. Mantan presiden Motorola Rick Osterloh bergabung kembali dengan Google awal tahun ini untuk mengawasi usaha itu. Google menjual Motorola Mobility untuk Lenovo Group pada  2014.

Smartphone modular telah menghasilkan  antusiasme yang besar dalam komunitas teknologi untuk potensi mereka  memperpanjang umur perangkat dan mengurangi limbah elektronik. Tapi perangkat itu sulit untuk dibawa ke pasar karena bagian yang mereka pertukarkan  membuat mereka besar dan produksinya mahal, kata analis Bob O'Donnell dari TECHnalysis Research, yang menambahkan bahwa ia tidak terkejut melihat Google menghentikan proyek.

"Ini adalah percobaan ilmiah yang gagal, dan mereka pindah," katanya.

Proyek Ara adalah salah satu upaya unggulan dari Advanced Technology dan Proyek kelompok Google, yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat baru.  Tahun lalu, perusahaan menunda rencana untuk menjual telepon modular di Puerto Rico dengan operator di Amerika Latin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper