Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAPBN 2017: Ini 8 Catatan dari NasDem untuk Pemerintah

Terdapat delapan catatan untuk mendukung rencana kerja pemerintah (RKP) sebagai acuan dalam menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017.
Ilustrasi: Perkembangan realisasi belanja subsidi dalam APBN. / Bisnis
Ilustrasi: Perkembangan realisasi belanja subsidi dalam APBN. / Bisnis

Kabar24.com, JAKARTA - Politisi dari Fraksi NasDem di DPR memberikan delapan catatan untuk mendukung rencana kerja pemerintah (RKP) sebagai acuan dalam menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017.

Donny Imam Priambodo, anggota Komisi XI DPR RI, mengatakan adanya usulan pembenahan perundang-undangan tentang penerimaan negara, baik perpajakan dan bukan pajak serta mekanisme pengawasan atas penerimaan pajak agar negara mendapatkan haknya dengan lebih adil.

Selanjutnya yang kedua, besarnya dana transfer ke daerah selain ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat di daerah, seharusnya juga disertai dengan penciptaan lapangan kerja dan kemudahan investasi.

“Hal ini membutuhkan penyederhanaan prosedur, harmonisasi, dan sinkronisasi perizinan pada tingkat pusat dan tingkat daerah,” ujar Donny di Kompleks Parlemen, Kamis (26/5/2016).

Ketiga, lanjut Donny, mendukung pemerintah untuk menpertahankan besarnya alokasi belanja sosial dan subsidi untuk membantu petani,  nelayan dan masyarakat berpenghasilan rendah.

Catatan keempat, pemerintah perlu menjaga tingkat defisit yang managable agar beban pembiayaan tidak terus meningkat serta menjaga ruang fiskal agar tetap terkendali melalui sinergitas dengan semua otoritas keuangan.

Kelima, pemerintah perlu mengoptimalkan dan mempercepat realisasi anggaran belanja.

“Keenam, mendukung pemerintah dalam hal alokasi anggaran infrastruktur demi meningkatkan fasilitas sarana untuk mobilitas masyarakat dan barang,  ketahanan dan kedaulatan pangan serta energi,  termasuk sumber daya terbarukan, kegiatan usaha serta menarik investasi yang produktif bagi kepentingan bangsa,” tutur Donny

Catatan ketujuh, mendorong pemerintah dapat lebih memanfaatkan pasar global serta meningkatkan kegiatan ekonomi yang pada gilirannya akan menyerap tenaga kerja.

Terakhir, usulan pembenahan agar BUMN dapat menjadi andalan dan agen penyumbang penerimaan negara yang besar dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

“Kami berharap delapan rekomendasi tersebut menjadi bahan pertimbangan rencana kerja pemerintah saat membahas RAPBN 2017 bersama DPR,” tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper