Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendagri: Pemda Harus Fokus Jalankan Program Prioritas

Pemerintah daerah harus fokus melaksanakan program prioritas, agar anggaran daerah yang telah disusun dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 12 Mei 2016  |  20:39 WIB
Mendagri: Pemda Harus Fokus Jalankan Program Prioritas
Tjahjo Kumolo - www.tjahjokumolo.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah daerah harus fokus melaksanakan program prioritas, agar anggaran daerah yang telah disusun dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan kepala daerah tidak harus memaksakan untuk melaksanakan program di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD)-nya. Pembangunan di daerah dapat dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

“Pembangunan daerah harus lebih fokus kepada satu atau dua program secara bertahap setiap tahunnya, agar hasilnya kelihatan dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Tjahjo menuturkan memaksakan untuk melaksanakan program di seluruh SKPD dikhawatirkan dapat mengganggu program prioritas yang telah dicanangkan. Apalagi saat ini pemerintah pusat sedang fokus membangun infrastruktur.

Menurutnya, Kementerian Dalam Negeri selalu mengingatkan daerah untuk melaksanakan program yang selaras dengan pemerintah pusat. Pihaknya pun selalu menegaskan pentingnya deregulasi untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

“Tugas penting pemerintah daerah berikutnya adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi kemudahan perizinan investasi, dan melaksanakan program pendidikan, serta pembinaan dalam membangun SDM,” ujarnya.

Tjahjo juga menyebut pemerintah daerah harus mendukung tata kelola hubungan pusat-daerah yang efektif, efisien, taat hukum, serta mempercepat reformasi birokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top