Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UIN Jakarta Siap Menjadi Universitas Riset Bertaraf Internasional

Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta tengah memperkuat peran pusat perpustakaannya untuk mendukung target perguruan tinggi itu menjadi universitas riset berstandar internasional.
Perpustakaan/Ilustrasi
Perpustakaan/Ilustrasi

Bisnis.com, TANGSEL- Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta tengah memperkuat peran pusat perpustakaannya untuk mendukung target perguruan tinggi itu menjadi universitas riset berstandar internasional.

Murodi, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Antar Lembaga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan pusat perpustakaan tersebut memiliki database online e-book dan e-journal yang terus disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika.

“Kami mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan pihak pusat perpustakaan UIN Jakarta, sekaligus berharap perpustakaan itu dapat mendorong tercapainya cita-cita UIN menjadi kampus riset,” katanya Rabu (23/3/2016).

Menurutnya, untuk mewujudkan cita-cita UIN Jakarta menjadi universitas riset, perlu didukung dengan berbagai jurnal internasional hasil riset dan buku referensi yang memadai dan representatif,

Dia menjelaskan ketersediaan referensi berupa buku-buku dan jurnal ilmiah merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi oleh universitas riset bertaraf internasional.

“Sebab, buku dan jurnal ini akan menjadi sumber bagi para dosen, mahasiswa, dan peneliti untuk mengakses rujukan,” ujarnya.

Pusat perpustakaan UIN Jakarta kini memiliki koleksi kepustakaan cetak dan noncetak yang mencakup kategori koleksi cetak Islam dan umum mencapai 38.555 judul sebanyak 100.000 eksemplar.

Selanjutnya koleksi rujukan internal UIN mencapai 172 judul buku sebanyak 421 eksemplar,  serta skripsi 29.994 judul, tesis 10.140 judul, disertasi 267 judul, laporan penelitian 1800 judul, dan koleksi terbitan berkala 618 eksemplar.

Sedang koleksi noncetak milik pusat perpustakaan UIN Jakarta terdiri dari e-book, e-journal, dan e-resources antara lain, e-book yang langgan ke Brill, Cambridge University Press, Emerald Group Publishing.

Kemudian Gale Virtual Reference Library (GVRL), IG Publishing, dan Oxford University Press, serta database online Springerlink, Jstor, Oxford University Press, IEEE, Infotrac Custom Journal, Ovid, E-Library USA (subscribed by US Embassy), dan subscribed by Dikti Proquest Cengage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper