Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APINDO JABAR: Tol Cisumdawu Mau Rampung, Sumedang Diminta Berbenah

Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Barat meminta Pemerintah Kabupaten Sumedang mulai berbenah guna mendongkrak investasi ke wilayah tersebut meningkat.
Adi Ginanjar Maulana
Adi Ginanjar Maulana - Bisnis.com 21 Maret 2016  |  18:08 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Barat meminta Pemerintah Kabupaten Sumedang mulai berbenah guna mendongkrak investasi ke wilayah tersebut meningkat.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat (Jabar) Dedy Widjaja menilai selama ini pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang cenderung stagnan. Hal ini dipicu infrastruktur yang belum memadai sebagai penunjang investasi ke wilayah tersebut.

Akan tetapi, adanya rencana pengoperasian Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dalam waktu dekat maka investor bakal banyak melirik Kabupaten Sumedang.

"Pak Jokowi belum lama ini sudah meninjau proyek tol dan harus segera diselesaikan. Hal ini menjadi peluang bagi Sumedang untuk menggaet investor," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (21/3/2016).

Dia menjelaskan, Kabupaten Sumedang diyakini bakal masuk ke dalam peta Bandung Raya. Karena menurutnya jarak tempuh Kota Bandung ke Kabupaten Sumedang hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam. Sehingga akan banyak masyarakat yang memilih Sumedang sebagai tempat tinggal.

"Sektor properti yang pertama akan bergairah karena masyarakat yang bekerja di Bandung Raya akan memilih Sumedang sebagai tempat tinggal," katanya.

Selanjutnya, sektor industri kreatif serta wisata alam akan menjadi andalan bagi Kabupaten Sumedang untuk memikat investor datang ke wilayah itu.

Dia menjelaskan, apabila pemerintah setempat tidak melakukan pembenahan maka Sumedang hanya menjadi wilayah lintasan saja. Sama seperti beberapa kabupaten yang dilewati oleh Tol Cipularang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top