Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APINDO JABAR: Tol Cisumdawu Mau Rampung, Sumedang Diminta Berbenah

Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Barat meminta Pemerintah Kabupaten Sumedang mulai berbenah guna mendongkrak investasi ke wilayah tersebut meningkat.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Barat meminta Pemerintah Kabupaten Sumedang mulai berbenah guna mendongkrak investasi ke wilayah tersebut meningkat.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat (Jabar) Dedy Widjaja menilai selama ini pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang cenderung stagnan. Hal ini dipicu infrastruktur yang belum memadai sebagai penunjang investasi ke wilayah tersebut.

Akan tetapi, adanya rencana pengoperasian Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dalam waktu dekat maka investor bakal banyak melirik Kabupaten Sumedang.

"Pak Jokowi belum lama ini sudah meninjau proyek tol dan harus segera diselesaikan. Hal ini menjadi peluang bagi Sumedang untuk menggaet investor," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (21/3/2016).

Dia menjelaskan, Kabupaten Sumedang diyakini bakal masuk ke dalam peta Bandung Raya. Karena menurutnya jarak tempuh Kota Bandung ke Kabupaten Sumedang hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam. Sehingga akan banyak masyarakat yang memilih Sumedang sebagai tempat tinggal.

"Sektor properti yang pertama akan bergairah karena masyarakat yang bekerja di Bandung Raya akan memilih Sumedang sebagai tempat tinggal," katanya.

Selanjutnya, sektor industri kreatif serta wisata alam akan menjadi andalan bagi Kabupaten Sumedang untuk memikat investor datang ke wilayah itu.

Dia menjelaskan, apabila pemerintah setempat tidak melakukan pembenahan maka Sumedang hanya menjadi wilayah lintasan saja. Sama seperti beberapa kabupaten yang dilewati oleh Tol Cipularang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper