Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran Infrastruktur Banyuwangi Naik 46%

Pemkab Banyuwangi mengalokasikan anggaran Rp538,6 miliar tahun ini untuk infrastruktur
Ilustrasi APBD/kopel-online.or.id
Ilustrasi APBD/kopel-online.or.id
Bisnis.com, SURABAYA -- Pemkab Banyuwangi mengalokasikan anggaran sebesar Rp538,6 miliar tahun ini untuk infrastruktur. Sebagian besar anggaran digunakan untuk membangun jalan dan jembatan. 
 
Angka itu melompat 46% dari anggaran tahun lalu. Pembangunan jalan dan jembatan akan mendapat alokasi Rp275 miliar atau 51% dari pagu anggaran infrastruktur. Selebihnya akan dipakai untuk membangun sarana dan prasana publik, serta infrastruktur sumberdaya air.
 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Banyuwangi Mujiono menyebutkan pembangunan dan pemeliharaan jalan ditargetkan 800 km, dengan fokus pada jalan penghubung antardesa setelah pada tahun sebelumnya fokus ke jalan antarkecamatan. Ruas yang akan dibangun, a.l.  jalan lintas timur (JLT), Jalan Gladag-Gambor, dan Jalan Brawijaya.

”Kami juga konsentrasi pada pembangunan jalan menuju sentra perekonomian warga, seperti jalan ke usaha pertanian. Akses menuju tempat pelayanan publik dan fasilitas pendidikan dan kesehatan menjadi pehatian. Selain itu, banyak jalan akan dibangun untuk memperbaiki aksesibilitas menuju tempat wisata, seperti ke kawasan Teluk Hijau,” ujar Mujiono, dikutip dari laman Pemkab Banyuwangi, Jumat (19/2/2016).

Sejumlah jembatan pun akan dibangin, a.l. di Kecamatan Kabat, Pesanggaran, dan Jembatan Glenmore. Jembatan Glenmore akan menjadi jalan alternatif yang menghubungkan Glenmore-Kalibaru atau Genteng-Glenmore lewat arah utara.

Terkait bandara, Mujiono mengatakan tahun ini sudah memasuki tahap penyelesaian. Pemkab akan menyelesaikan terminal kedatangan, keberangkatan, ruang VVIP, ruang tiket, anjungan kantor penerbangan, mushola, hall, restoran, art shop untuk UMKM, dan ruang security.

Selain pembangunan sarana pelayanan publik, Pemkab  juga akan mengembangkan infrastruktur penunjang pariwisata. Tahun ini, Pemkab akan memulai penataan Pantai Mustika di Pesanggaran dan pembangunan landscape Grand New Watudodol dengan dana Rp2,25 miliar.

Mujiono menambahkan, revitalisasi pasar tradisional terus dilakukan seiring dengan pelarangan ekspansi pasar modern di Banyuwangi. Pemkab akan membangun  terminal dan pasar pariwisata terpadu seluas 1 hektare di daerah Sobo dengan anggaran Rp10 miliar.  

"Pembangunan infrastruktur diarahkan pada pemerataan, tetapi tentu bertahap karena Banyuwangi ini kabupaten terluas di Jatim. Selain itu, karena alokasi dana juga diarahkan ke sektor lain, seperti pendidikan, kesehatan, dan pertanian,” ungkap Mujiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper