Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lagarde Dapat Dukungan Kuat Eropa Jadi Direktur Pelaksana IMF

Christine Lagarde mengumpulkan dukungan kuat dari Eropa pada Kamis untuk mandat kedua sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF).
Christine Lagarde.
Christine Lagarde.

Bisnis.com, WASHINGTON - Christine Lagarde mengumpulkan dukungan kuat dari Eropa pada Kamis (21/1/2016) untuk mandat kedua sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF).

Karena jabatannya akan segera berakhir pada Juli, IMF secara resmi mulai menerima pencalonan untuk siapa yang akan memandu pemberi pinjaman krisis global itu dalam periode lima tahun ke depan.

Lagarde, yang telah memimpin IMF melewati salah satu tantangan yang paling sulit, penyelamatan zona euro dari krisis, hanya mengatakan bahwa dia terbuka untuk periode berikutnya.

Akan tetapi dia mendapat dukungan langsung dari Jerman, Prancis, Inggris dan Belanda, sementara Amerika Serikat memuji kinerjanya dalam peran di IMF tanpa memberikan dukungan formal.

Menteri Keuangan Inggris George Osborne pada Kamis men-tweet bahwa ia "senang mencalonkan Lagarde untuk periode berikutnya sebagai ketua IMF".

Dia menggambarkan Lagarde sebagai "pemimpin yang luar biasa dengan visi dan ketajaman untuk mengarahkan ekonomi global di tahun-tahun mendatang".

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble juga mendukung pencalonan Lagarde.

Dia telah terbukti menjadi seorang "manajer krisis yang jauh ke depan dan sukses di masa-masa sulit," kementerian keuangan Jerman di Berlin mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem, men-tweet bahwa negaranya "sepenuhnya mendukung pencalonannya," sementara Prancis, di mana Lagarde adalah menteri keuangan sebelum mengambil jabatan di IMF, juga mendukung dia.

Sementara itu, berbicara kepada televisi CNBC dari Davos, Swiss, Menteri Keuangan AS Jacob Lew menahan diri dari dukungan formal, tanpa melihat adanya nominasi lainnya.

Tapi ia menyatakan persetujuan kuat atas kinerjanya. "Saya memiliki hubungan kerja yang sangat dekat dengan dia, [dan] penghargaan tertinggi untuknya," kata Lew. "Saya pikir dia telah melakukan pekerjaan yang besar, Anda tahu. Saya melihat ke depan untuk terus bekerja dengan dia."

Pada hari pertama pencalonan untuk posisi kuat secara terbuka, tidak ada nama lain yang disebutkan sebagai calon. Tapi Dana akan mengambil nominasi sampai 10 Februari. Setelah mengkaji para calon, dewan eksekutif IMF akan memutuskan satu calon pada 3 Maret.

Lagarde, 60, dengan mudah memenangkan kontes dengan beberapa kandidat dari negara berkembang untuk mengambil alih IMF pada 2011 ketika Eropa tenggelam jauh ke dalam krisis ekonomi. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper