Cagar Budaya Makam Raden Saleh Minim Perhatian

Makam Raden Saleh terletak di Jalan Pahlawan, Bondongan, Empang, Bogor Selatan.Tidak mudah menemukan lokasi ini, karena kurangnya penunjuk jalan untuk sampai pada ke situs. Satu Situs cagar budaya yang masih minim perhatian dari pemerintah.
Asteria Desi Kartika Sari | 02 Januari 2016 20:54 WIB
Raden Saleh.

Kabar24.com, BOGOR - Makam Raden Saleh terletak di Jalan Pahlawan, Bondongan, Empang, Bogor Selatan.Tidak mudah menemukan lokasi ini, karena kurangnya penunjuk jalan untuk sampai pada ke situs. Satu Situs cagar budaya yang masih minim perhatian dari pemerintah. Saat ini lahan makam pelukis tersohor dirawat oleh Isun Sunarya.

Menurut Isun Sunarya, hingga kini makam Raden Saleh masih kurang perhatian dari pemerintah. Hal tersebut berdampak pada minimnya pengunjung. Meski begitu Isun tetap semangat menjaga situs makam ini.

"Masih bersyukur dulu mendapat perhatian dari Soekarno, kemudian dapat penghargaan dari Susilo Bambang Yudhoyono, walau pemerintah daerah masih kurang peduli," ujarnya kepada Bisnis.com.

Isun menambahkan terkadang biaya operasional untuk merawat situs makam ini lebih besar dari uang santunan dari pemerintah. "Biaya dari pemerintah Rp300.000," jelasnya. Terkadang Isun menambahkan dengan uang pribadi untuk mengelola makam agar tetap bersih dan rapi.

Tak muluk harapan Isun, ia hanya meminta pemerintah daerah tetap mempertahankan situsnya. Selain itu, ia juga mengusulkan Raden Saleh dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional karya karyanya juga mencerminkan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. []

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Cagar Budaya, Raden Saleh

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top