Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UGM Kaji Pencegahan Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi di berbagai daerah di Indonesia terjadi akibat akumulasi dari berbagai persoalan yang muncul secara alami ataupun karena kesengajaan manusia.Kondisi alam yang memicu terjadinya kebakaran, seperti musim kemarau, memang tidak dapat diubah.
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id

Kabar24.com, JAKARTA -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi di berbagai daerah di Indonesia terjadi akibat akumulasi dari berbagai persoalan yang muncul secara alami ataupun karena kesengajaan manusia.

Kondisi alam yang memicu terjadinya kebakaran, seperti musim kemarau, memang tidak dapat diubah. Namun, fenomena ini merupakan kejadian berulang yang waktunya pun sudah dapat diprediksi. Maka, hal ini semestinya sudah dapat diantisipasi sebelumnya dengan upaya-upaya strategis untuk mencegah kebakaran lahan.

"Kita perlu mengerti mana kawasan-kawasan yang rawan kebakaran, dan antisipasi sebelum hot spot muncul," ujar Ketua Prodi Magister Manajemen Bencana UGM, HA Sudibyakto dalam diskusi bulanan Pusat Studi Bencana UGM, seperti dilansir dari laman resmi UGM, Selasa (29/12/2015).

Ia menjelaskan bahwa kunci utama terhadap permasalahan yang ada, yaitu pihak-pihak yang terkait perlu sama-sama berkontribusi.

"bukan justru saling menyalahkan. Karhutla itu sesuatu yang dapat dicegah," tandasnya.

Permasalahan lain yang dapat menyebabkan karhutla adalah pengambilan kebijakan yang salah oleh pemerintah pusat maupun daerah, yang secara tidak langsung berpotensi menimbulkan kebakaran. Kebijakan ini misalnya pemanfaatan cadangan air di hutan untuk irigasi lahan pertanian sehingga dapat menguras persediaan air di wilayah kubah.

“Kebijakan ini salah, karena untuk menjaga lahan gambut tetap lembab diperlukan ketersediaan air yang cukup di kubah untuk merembeskan air ke zona lahan di bawahnya ketika tidak ada hujan,” jelas Azwar Maas selaku Ketua Pokja Karhutla Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Membiarkan gambut tetap lembab dan menjaga keseimbangan hidrologi, menurutnya, merupakan aksi pencegahan yang tepat.

Sementara itu, dosen Fakultas Hukum, Sudjito menyatakan pentingnya strategi hukum dalam pengelolaan kebakaran hutan dan lahan.

"Ketika membicarakan soal hukum, muncul pertanyaan mengenai hukum mana yang digunakan, dan bagaimana mendayagunakan hukum secara efektif dan adil," ungkapnya.

Dalam hal ini, menurut Sudjito, strategi yang tepat adalah penanganan masalah dengan menggunakan konsep hukum progresif dengan melibatkan semua komponen bangsa serta memasukkan aspek moral dengan orientasi penanganan yang dirumuskan secara konkret, dan memobilisasi hukum yang ada secara multidimensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper