Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penggalangan Dana Secara Online di Kitabisa.com Tumbuh 410%

Penggalanan dana secara online melalui Kitabisa.com untuk kegiatan sosial mencapai sekitar Rp7,2 miliar pada 2015, tumbuh sekitar 410% dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,4 miliar.
Kampanye mendukung anak penderita kanker/kitabisa.com
Kampanye mendukung anak penderita kanker/kitabisa.com

Bisnis.com, JAKARTA – Penggalanan dana secara online melalui Kitabisa.com untuk kegiatan sosial  mencapai sekitar Rp7,2 miliar pada 2015, tumbuh sekitar 410% dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,4 miliar.

Dana tersebut terkumpul dari 18 ribu lebih donatur untuk 628 kampanye penggalangan dana.Adapun lima kategori kampanye penggalangan dana yang paling banyak dibuat oleh netizen di tahun 2015 adalah bencana alam, darurat medis, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

"Karena sifatnya yang online, ini jadi cara baru netizen bisa berpartisipasi melakukan perubahan dengan menggalang dana untuk isu di sekitar mereka,” ungkap Alfatih Timur,Chief Executive Officer Kitabisa.com,Senin (28/12/2015).

Beberapa penggalangan dana yang ramai dibicarakan publik antara lain ketika belasan artis  Indra Bekti, Omesh dan Bertrand Antolin beramai--ramai mencukur habis rambut mereka dalam rangka menggalang dana untuk anak-anak penderita kanker dalam kampanye Shave For Hope (kitabisa.com/partners/shaveforhope).

Penggalangan dana lainnya adalah saat para Bobotoh, supporter klub sepakbola Persib, bersama Ridwan Kamil merayakan kemenangan mereka dengan mengumpulkan dana untuk korban asap (kitabisa.com/bobotohpeduli).

Kebanyakan kampanye penggalangan dana itu berasal dari inisiatif personal atau komunitas yang ingin berkontribusi kepada suatu isu seperti korban asap, atau sekadar ingin menolong teman yang sedang mengalami kendala finansial untuk menutup biaya pengobatan atau pendidikan.

“Kami berharap platform Kitabisa dapat membantu membangun kembali rasa peduli dan gotong-royong masyarakat sebagai lifestyle untuk menolong sesama dan membangun bangsa,” kata Alfatih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper