Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UGM Buat Aplikasi TemuJasa

Tak kalah dengan aplikasi ojek online yang sedang booming, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan inovasi dengan menciptakan aplikasi 'TemuJasa'. Aplikasi ini akan memudahkan pencari jasa kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti cleaning service, servis AC, sedot WC, renovasi, hingga pijat tradisional.
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id

Kabar24.com, JAKARTA -- Tak kalah dengan aplikasi ojek online yang sedang booming, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan inovasi dengan menciptakan aplikasi 'TemuJasa'. Aplikasi ini akan memudahkan pencari jasa kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti cleaning service, servis AC, sedot WC, renovasi, hingga pijat tradisional.

TemuJasa dikembangkan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Hardian Prakasa. Menurutnya, selama ini masyarakat kesulitan mencari dan memperoleh jasa rumah tangga sehari-hari. Sehingga, dia berharap aplikasi ini memudahkan pencari jasa memperoleh layanan yang diinginkan, begitu juga memudahkan penyedia jasa memperoleh klien yang pasti.

"Lewat aplikasi yang tengah kita kembangkan ini, pencari jasa tidak perlu lagi repot-repot menelefon satu demi satu penyedia jasa, tetapi bisa langsung memperoleh berbagai layanan jasa dalam satu platform. Jadi lebih efisien dan tidak merepotkan," ujarnya seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (23/12/2015).

Mahasiswa yang akrab disapa Ardi ini menuturkan, tak sendirian dalam mengembangkan aplikasi ini, melainkan dibantu oleh sang kakak, Rheza Adipratama yang merupakan alumnus Teknik Industri UGM juga angkatan 2008.

Pengoperasian aplikasi ini, jelas Ardi, cukup sederhana. Pengguna cukup mengakses aplikasi TemuJasa yang langsung menampilkan beraneka layanan jasa rumah tangga. Setelah memilih layanan yang diinginkan, pengguna tinggal memilih berdasarkan rating, lokasi, harga, dan lain sebagainya.

"Bisa order waktu dan hari pemakaian layanan jasanya. Misal ingin melakukan sedot WC hari Kamis, jam 3 sore. Maka penyedia jasa akan datang di waktu yang telah ditentukan," terangnya.

Selain bermanfaat untuk memudahkan dalam pencarian jasa, pengguna juga bisa memberikan testimoni terhadap penyedia jasa. Rencananya, aplikasi yang sudah mengikuti berbagai ajang bergengsi ini akan dirilis pada awal 2016 di wilayah Yogyakarta dalam tahap awal.

"Saat ini, kita perkuat dari sisi teknis dan memperbaiki tampilan serta memperkuat sisi bisnisnya dengan merekrut penyedia jasa," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper