Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Olimpiade Sains Junior, Indonesia Sabet 12 Medali di Korsel

Sebanyak 12 orang pelajar dari berbagai SMP Tanah Air berhasil menyabet prestasi gemilang pada Olimpiade Sains Junior atau International Junior Science Olympiad (IJSO) ke-12 yang digelar di Daegu, Korea Selatan mulai dari 2 hingga 11 Desember 2015.
Ilustrasi medali olimpiade.
Ilustrasi medali olimpiade.

Kabar24.com, JAKARTA -- Sebanyak 12 orang pelajar dari berbagai SMP Tanah Air berhasil menyabet prestasi gemilang pada Olimpiade Sains Junior atau International Junior Science Olympiad (IJSO) ke-12 yang digelar di Daegu, Korea Selatan mulai dari 2 hingga 11 Desember 2015. Mereka berhasil membawa pulang total 12 medali.

Direktur Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar Menengah, Kemendikbud, Supriano mengatakan, perwakilan Indonesia kali ini semuanya mencetak hasil gemilang. Sebab, dari 12 orang yang diutus, semuanya mendulang medali.

"12 delegasi pelajar Indonesia yang semua berhasil membawa pulang medali," kata dia melalui keterangan pers yang diterima Bisnis.com, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Ada pun 12 medali yang diraih terdiri dari 2 medali emas, 8 medali perak dan 2 medali perunggu.

Menurut Supriano, hasil Tim Indonesia dari Korea Selatan membawa catatan prestasi dalam perjalanan IJSO bagi Indonesia. Sebab, Indonesia merupakan salah satu negara penggagas berdirinya IJSO pada 2004 dan hingga tahun ini sudah 10 negara menjadi tuan rumah penyelenggaraan IJSO.

Untuk tahun ini, perjuangan tim Indonesia cukup berat dalam memperebutkan 25 medali emas, 50 medali perak dan 77 medali perunggu. Menurutnya, sangat sulit untuk mengalahkan tuan rumah maupun negara peringkat teratas di IJSO 2014.

Meskipun demikian, Hilya Nadhira Imam dari SMPI Al Azhar 8, Kota Bekasi, Jawa Barat dan Ivander Jonathan Marella Waskito dari SMP Mawar Sharon Christian School, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur (Jatim) berhasil mengibarkan bendera Merah Putih ketika meraih medali emas mengalahkan 40 pesaing lainnya.

Berdasarkan data, IJSO yang diselenggarakan di Korea Selatan kali ini diikuti 249 siswa dari 40 negara anggota IJSO dan beberapa observer dari negara lain.

Ada pun 40 negara tersebut di antaranya adalah Australia, Azerbaijan, Bangladesh, Botswana, Brasil, Kamboja, Tiongkok dan Rusia.

Sementara itu, Tim Pembina IJSO Indonesia Ridwan menambahkan, pada kompetisi IJSO tahun ini, tes yang diberikan meliputi tes teori, tes pilihan ganda atau Multiple Choice Question (MCQ) dan tes praktikum pada tiga bidang yakni Fisika, Biologi dan Kimia.

Dia menyebutkan, dalam tes pilihan ganda, ada 10 soal bidang kimia, 10 soal bidang fisika dan 10 soal bidang biologi. Materi soal yang diujikan tidak terlalu sulit. Para siswa diajak untuk mampu mengembangkan logika dan inovasi pengembangan konten.

"Soal IJSO 2015 termasuk berkualitas baik, karena soal yang ditanyakan mampu mengukur kemampuan siswa dalam mengembangkan silabus yang ada," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper