Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Cipayung Jakarta Timur

Cipayung adalah sebuah kawasan yang merupakan kecamatan dengan wilayah yang cukup luas di Jakarta Timur.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 21 November 2015  |  18:13 WIB
Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur - Antara/M Agung Rajasa
Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA-- Cipayung adalah sebuah kawasan yang merupakan kecamatan dengan wilayah yang cukup luas di Jakarta Timur.

Kecamatan Cipayung mencakup 8 kelurahan yaitu Kelurahan Lubang Buaya, Kelurahan Ceger, Kelurahan Cipayung, Kelurahan Munjul, Kelurahan Pondok Rangon, Kelurahan Cilangkap, Kelurahan Setu dan Kelurahan Bambu Apus.

Dari mana kata Cipayung berasal?  Zaenuddin HM, menjelaskan dalam buku karyanya berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Dijelaskan bahwa “Ci” berasal dari bahasa Sunda yang artinya sungai atau aliran air. Sedangkan “payung” adalah alat yang digunakan untuk memayungi kepala dan badan saat hujan maupun panas terik matahari.

Untuk itu Cipayung merupakan paduan dua kata “Ci” dan “payung,” sesuai cerita rakyat saat itu bahwa dahulu di kawasan Cipayung terdapat sungai yang pada saat turun hujan airnya meluap.

Air sungai yang meluap-luap menjadi tontonan warga, dan banyak dari mereka yang membawa payung, sehingga tampaklah ratusan berjejer seperti “pasukan payung.”

Pemandangan tersebut berlangsung hampir setiap hari, sehingga diduga dari kisah itulah nama kawasannya kemudian disebut Cipayung.

Namun, kisah tetang sungai dan payung itu kini sudah tidak terdengar lagi. Kawasan Cipayung pun sudah berkembang pesat seiring dengan perkembangan dan kemajuan kota Jakarta Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta sejarah
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top