Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerja Sama Pendidikan Australia-Indonesia Semakin Erat

Pemerintah Australia akan terus memperkuat hubungan bilateral dalam bidang pendidikan dengan membuka peluang kerja sama sebesar-besarnya antar Universitas di Indonesia dan Australia.

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Australia akan terus memperkuat hubungan bilateral dalam bidang pendidikan dengan membuka peluang kerja sama sebesar-besarnya antar Universitas di Indonesia dan Australia.

Menteri Pariwisata dan Pendidikan Internasional Australia Richard Colbeck memaparkan hubungan kerja sama di bidang pendidikan selama ini telah berjalan dengan baik.

"Saya telah bertemu dengan Menteri Pendidikan Indonesia, dan kami sepakat untuk memperkuat hubungan di bidang pendidikan," paparnya saat melakukan kunjungan ke Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Colbeck memaparkan Australia melihat ada kesempatan baik dalam pengembangan kerja sama di bidang pendidikan vokasi dan peningkatan kualitas guru.

Di sisi lain, Indonesia juga menjadi salah satu destinasi favorit bagi pelajar Australia untuk menuntut ilmu dan belajar budaya.

Sementara itu, Koordinator The Australian Consortium for 'In-Country' Indonesian Studies (Acicis) untuk Universitas Katolik Atma Jaya Eko Widodo memaparkan salah satu bentuk kerja sama di bidang pendidikan yang telah terjalin dengan Australia adalah program magang dan praktik di Indonesia.

"Setiap tahunnya ada sekitar 70 mahasiswa datang untuk belajar dan mendapatkan materi di Atma Jaya, serta melakukan magang di instutisi Indonesia," katanya.


Eko menambahkan, program Acicis yang telah dilakukan sejak 2002 itu bertujuan untuk merangsang para pelajar Australia untuk belajar ke Indonesia, karena selama ini perbandingan antara pelajar Indonesia yang belajar di Australia dan sebaliknya sangat signfikan.

"Setiap tahun sekitar 18.000 pelajar Indonesia berangkat ke Indonesia, sedangkan dari Australia hampir tidak ada. Jadi program magang atau internship ini sebagai salah satu yang bisa dijual kepada mereka," paparnya.

Dia juga berharap akan ada kesempatan untuk memperluas cakupan bidang dalam sektor pendidikan yang bisa dilakukan, karena selama ini Acicis baru membuka tiga program studi yakni jurnalistik, bisnis dan bidang pembangunan.

Australia merupakan salah satu mitra utama Indonesia di bidang kerja sama pengembangan pendidikan. Kerja sama yang selama ini dibangun merupakan faktor penting dari eratnya jalinan persahabatan kedua negara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper