Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah restoran & outlet kuliner Bersertifikasi Halal Masih Rendah

Seorang eksekutif LPPOM MUI menilai masih rendah restoran dan outlet kuliner yang beroperasi di Tanah Air memiliki sertifikasi halal, sementara pasar bebas MEA akan diberlakukan pada akhir tahun ini.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 10 November 2015  |  18:41 WIB

Kabar24.com, JAKARTA --  Seorang eksekutif  LPPOM MUI menilai masih rendah restoran  dan outlet kuliner  yang beroperasi di Tanah Air memiliki sertifikasi halal, sementara pasar bebas MEA  akan diberlakukan  pada akhir tahun ini.

Lukmanul Hakim, Direktur LPPOM MUI, eksekutif itu mengatakan dengan diberlakukannya pasar bebas MEA pada akhir tahun ini, maka restoran asing akan bebas memasuki pasar lokal. Untuk itu, dia mengharapkan agar pengelola kuliner  lokal mau pun asing yang beroperasi di Indonesia untuk memproses sertifikasi halal, guna melindungi konsumen.

Proses untuk mendapatkan sertifikasi halal, katanya, tidak lama. Dia memperkirakan mencapai 50-60 hari kerja, asal ada kemamuan dari pihak pengelola restoran itu.

Dia memperkirakan baru sekitar 10%  restoran dan outlet kuliner di Indonesia yang sudah mengantongi sertifikasi halal. Jumlah restoran yang sudah mendapat sertifikasi halal mencapai sekitar 471 restoran dan 3.335 outlet.

Menurut Lukmanul, banyaknya restoran atau outlet kuliner yang  belum memiliki sertifikasi halal karena  pelaku usahanya Islam, dan menu yang disajikan menu biasa, sehingga mereka merasa tidak perlu memiliki sertifikasi halal.

Sementara  untuk restoran asing yang belum memiliki sertifikasi halal, kata Lukmanul, berhubungan kebiasaan di daerah asalnya yang mempertahankan  rasa yang sama. “Sebenarnya bisa dilakukan untuk mengubah kebiasaan itu, tergantung komitmen dari pengelolanya,” kata Lukmanul, Selasa (10/11/2015)

Dia mencontohkan Marugame Udon & Tempura otentik Jepang yang kebiasaan di negara asalnya tidak halal.  “Tapi karena ada komitmen dari pengelolanya di Tanah Air untuk sertifikasi halal, maka bisa  dilakukan,” kata Lukmanul disela-sela menyerahkan sertifikasi halal kepada restoran Marugame Udon &Tempura di Grand Indonesia Mall, Selasa (10/11/2015).

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran sertifikasi halal
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top