Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UGM Tampilkan Produk Unggulan di Forum Riset Industri

Pada Forum Riset Industri Indonesia yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada (UGM), ditampilkan sejumlah produk riset, baik dalam karya penelitian maupun produk, di bidang manufaktur, infrastruktur, serta teknologi informasi.Ketua Panitia Forum Riset Industri Indonesia VII, Ashar Saputra mengungkapkan bahwa mitra-mitra industri yang nantinya tertarik pada produk riset tersebut bisa langsung menghubungi para peneliti.
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id

Kabar24.com, JAKARTA - Forum Riset Industri Indonesia yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada (UGM) menampilkan sejumlah produk riset, baik dalam karya penelitian maupun produk, di bidang manufaktur, infrastruktur, serta teknologi informasi.

Ketua Panitia Forum Riset Industri Indonesia VII Ashar Saputra mengungkapkan bahwa mitra-mitra industri yang nantinya tertarik pada produk riset tersebut bisa langsung menghubungi para peneliti.

"Karena itulah harapan kami agar terjadi jalinan kerjasama lebih lanjut terhadap hasil-hasil pekerjaan penelitian yang sudah dicapai oleh UGM selama ini,” ungkapnya, seperti dikutip dari laman resmi UGM, Senin (9/11/2015).

Dalam forum tersebut dipamerkan sebanyak 19 karya penelitian yang juga dipresentasikan. Karya itu terdiri dari empat karya penelitian unggulan pada bidang manufaktur, sembilan karya penelitian unggulan di bidang infrastruktur, serta enam karya penelitian unggulan pada bidang teknologi informasi.

Forum yang mengusung tema ‘Akselerasi Kontribusi UGM untuk Penguatan Daya Saing Bangsa Melalui Industri Manufaktur, Infrastruktur, dan Teknologi Informasi’ ini diharapkan ke depannya bisa mengembangkan riset serta teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh dunia industri.

"UGM sebagai salah satu penyelenggara riset berinisiatif mendekatkan jarak antara dunia riset dan industri sehingga keduanya bisa saling memberi kemanfaatan yang optimal bagi kemajuan masyarakat,” ujarnya.

Ashar menyatakan bila masih ada aspek pada masyarakat Indonesia yang belum menjadikan riset sebagai acuan dalam pegembangan produk dan pengambilan keputusan.

Sementara itu, tiga bidang yakni manufaktur, infrastruktur, serta teknologi informasi ini memiliki peranan yang penting dalam mengatasi masalah nasional yang selama ini menjadi hambatan.

"Kerja sama riset industri di bidang infrastruktur, manufaktur, dan teknologi informasi menjadi salah satu usaha untuk membangun inovasi dan penguasaan teknologi tepat guna untuk menguatkan daya saing bangsa di dunia internasional,” imbuhnya.

Rektor UGM, Dwikorita Karnawati berharap ke depanya produk riset tersebut bisa menjawab sejumlah kebutuhan pasar. "Jika memungkinkan semua itu link dengan dunia industri,” ungkapnya.

Dwikorita menambahkan, forum produk riset ini diselenggarakan untuk bisa memberi jalan bagi para peneliti dengan dunia industri.

"Salah produk IT UGM telah dipakai adalah e-payment untuk Transjakarta. Produk IT ini pun dipakai untuk Transjogja, Solo, dan ke depan akan ada di Bali dan salah satu kabupaten atau kota di Sumatra. Sementara untuk e-parking, produk IT ini sudah diterapkan di tiga lokasi parkir di Jakarta,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper