Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Penipuan Intai Peserta Pengadaan Barang & Jasa di Bali

Pemerintah Provinsi Bali menghimbau para rekanan pengadaan barang dan jasa yang menyediakan paket pekerjaan untuk waspada terhadap aksi penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab.
Lelang/Ilustrasi-Ibsolutions.com
Lelang/Ilustrasi-Ibsolutions.com

Bisnis.com, DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali menghimbau para rekanan pengadaan barang dan jasa yang menyediakan paket pekerjaan untuk waspada terhadap aksi penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Mereka diduga mengatasnamakan unit layanan pengadaan (ULP) dengan berjanji bisa memuluskan jalannya sebagai pemenang lelang dengan syarat meminta imbalan sejumlah uang.

Ketut Teneng, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali mengatakan, modus yang dilakukan pelaku ini menyasar para rekanan pengadaan barang dan jasa yang ikut serta dalam proses pelelangan paket pekerjaan.

"Salah satu yang menjadi korban modus penipuan itu adalah rekanan peserta dalam pelelangan paket pekerjaan belanja modal pengadaan sound system di gedung Wiswa Sabha Utama kantor Gubernur Bali pada kegiatan pengadaan peralatan dan perlengkapan gedung kantor biro aset Setda Provinsi Bali yang saat ini sudah sampai pada tahap pembuktian kualifikasi penyedia sebagai calon pemenang lelang," terangnya, Selasa (13/10/2015).

Menurutnya, tahap tersebut dimanfaatkan pelaku dengan mengirimkan undangan pembuktian sebagai calon pemenang melalui e-mail.

"Seperti yang dialami penyedia atas nama CV Sabda Sentosa Abadi yang mendapatkan undangan via email yang menyatakan perusahaannya sebagai calon pemenang nomor tiga.

Pihak rekanan tersebut langsung menghubungi contact person yang tertera dalam undangan dan oleh pelaku diyakinkan akan menjadi pemenang lelang apabila mentransfer sejumlah uang. "Permintaan itu pun dituruti CV Sabda Sentosa Abadi dengan mentransfer sejumlah uang yang diminta oleh pelaku," paparnya.

Dia menyatakan undangan dari ULP bagi para penyedia barang dan jasa yang akan melakukan pembuktian kualifikasi dilakukan melalui faximile, bukan via email, dan tidak ada biaya yang dipungut bagi pemenang, asalkan semua persyaratan dalam sistem pelelangan sudah terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper