Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Jadi Tuan Rumah Hari Habitat Dunia

Indonesia Jadi Tuan Rumah Hari Habitat Dunia
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 01 Oktober 2015  |  19:37 WIB
Asian Pacific Urban Youth - unhabitatyab.wordpress.com
Asian Pacific Urban Youth - unhabitatyab.wordpress.com

Bisnis.com, JAKARTA—Organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 1986 menetapkan, hari Senin di minggu pertama Oktober sebagai Hari Habitat Dunia (HDD). Tahun ini, HDD jatuh pada tanggal 5 Oktober.

Dalam rangka peringatan HDD internasional, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk tiga perhelatan akbar, yakni Asian Pacific Urban Youth (APUFY) tanggal 17-18 Oktober, Asia Pacific Urban Forum 6 (APUF 6) pada 19-21 Oktober, dan acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi Menteri atau High Level Regional Meeting (HLRM) tanggal 21-22 Oktober.

Penyelenggaraan rangkaian acara tersebut menjadi sebuah bahan masukan mengenai isu-isu perkotaan untuk dibahas dalam agenda 20 tahunan Habitat III di Ekuador pada Oktober 2016. Adapun salah satu rapat persiapan acara dilakukan di Surabaya, Jawa Timur pada Juli 2016.

Anggota Tim Pakar Habitat III Ruchyat Deni Djakapermana menyampaikan, adanya berbagai masalah perkotaan di seluruh negara akan dibahas dalam forum dan dibuatkan acuan dasar sebagai solusi.

“Salah satu poin pembahasan yang mendasar ialah menggantikan konsep MDGs [Millennium Development Goals] kepada SUD, yakni Suistanability Urban Development,” tuturnya di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (1/10/2015).

Berdasarkan data yang dihimpun Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, sekitar 68% penduduk dunia pada 2025 akan tinggal di perkotaan. Namun, kapasitas kota dari segi sumber daya manusia, infrastruktur, dan fasilitas sosial masih sangat terbatas. Oleh karena itu, konsep pengembangan kota yang berkelanjutan menjadi sebuah keharusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkotaan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top