Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Bisnis Beras, Presiden Minta Semua Harus Untung

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah menginginkan seluruh pihak dalam industri beras mendapat keuntungan dari bisnis yang dilakukannya. Pelaku usaha juga harus memikirkan keuntungan yang diperoleh masyarakat dari perdagangan beras yang dilakukan.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 28 September 2015  |  14:48 WIB
Pedagang menyortir beras sebelum didistribusikan di Pasar Induk Cipinang Jakarta.  - Bisnis/Dwi Prasetya
Pedagang menyortir beras sebelum didistribusikan di Pasar Induk Cipinang Jakarta. - Bisnis/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta seluruh pedagang besar beras melakukan bisnisnya tanpa merugikan petani dan penggilingan padi di dalam negeri.

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah menginginkan seluruh pihak dalam industri beras mendapat keuntungan dari bisnis yang dilakukannya. Pelaku usaha juga harus memikirkan keuntungan yang diperoleh masyarakat dari perdagangan beras yang dilakukan.

“Kami ingin petani, pengusaha penggilingan padi, pedagang, pengusaha dan masyarakat diuntungkan. Semua harus pada posisi itu, tidak ada satu pihak diuntungkan, tetapi pihak lain dirugikan, tidak bisa seperti itu,” katanya di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Presiden menuturkan dirinya terus memantau harga beras dan kebutuhan pokok lainnya di pasar. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan pertimbangan dalam menyusun kebijakan terkait harga pangan.

Menurutnya, pemerintah akan langsung melaksanakan operasi pasar apabila terjadi penaikan harga beras yang sulit dikendalikan. Pemerintah pun menyiapkan kebijakan alternatif apabila operasi pasar gagal mengendalikan harga pangan di pasar.

“Saya juga kan mantan pengusaha, jadi mengerti cara main-mainnya seperti apa, dan harus melakukan apa untuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Presiden juga mengatakan pemerintah tidak ingin pedagang beras merugi, karena kebijakannya. Untuk itu, pelaku usaha harus membantu pemerintah menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di pasar.

Dia juga menemukan penaikan harga beras di beberapa daerah, sehingga mengharuskan dirinya memerintahkan jajarannya segera melakukan operasi pasar jika diperlukan.

 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top