Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OSN Pertamina Buka Sampe 30 September

Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar kedelapan kalinya oleh PT Pertamina (Persero) masih dibuka pendaftarannya hingga 30 September 2015. Kali ini, Pertamina menjangkau peserta hingga negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Filipina.
Ilustrasi/Jibiphoto-Rahmatullah
Ilustrasi/Jibiphoto-Rahmatullah

Bisnis.com, JAKARTA—Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar kedelapan kalinya oleh PT Pertamina (Persero) masih dibuka pendaftarannya hingga 30 September 2015. Kali ini, Pertamina menjangkau peserta hingga negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Filipina.

Manager Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Agus Mashud mengatakan ini adalah agenda tahunan yang dinanti-nanti civitas akademika khususnya di bidang sains. Bekerjasama dengan DIKTI, Universitas Indonesia dan perguruan tinggi perwakilan di seluruh propinsi di Indonesia setiap tahunnya membuat OSN Pertamina berhasil menjaring puluhan ribu peserta dari berbagai pelosok tanah air.

“Kali ini untuk pertama kalinya OSN Pertamina membuka pendaftaran bagi peserta dari negara-negara tetangga, yaitu Singapura, Malaysia, dan Filipina. Kami bermaksud meningkatkan tantangan bagi peserta OSN Pertamina, dimana tahun-tahun sebelumnya mereka berkompetisi antar mahasiswa perguruan tinggi se-tanah air,” jelasnya dalam siaran persnya, Minggu (27/9/2015).

Agus menerangkan OSN Pertamina mengkompetisikan dua kategori yaitu kategori teori dan proyek sains. Untuk peserta mahasiswa nasional, kompetisi dimulai dari tingkat propinsi dan bertahap hingga tingkat regional dimana akan bersaing dengan peserta-peserta dari negara lain tersebut. Khusus untuk kategori proyek sains, tema yang diusung tahun ini adalah “Energi Baru dan Terbarukan”.

Yudha Anugerah Putra, salah satu anggota tim juara II proyek sains OSN Pertamina 2014 yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya ini telah mengantongi sejumlah prestasi selepas memenangkan proyek sains OSN Pertamina 2014, antara lain Juara Pertama National Electrical Power System Competition (NESCO), Delegasi Indosnesia pada Asia Africa Smart City Summit dan Juara Dua Inovasi Bulan K3 Pertamina Cilacap.

Fadlin Arsin, anggota tim juara III proyek sains OSN Pertamina 2014 pun juga selepas memenangkan proyek sains OSN Pertamina 2014, mahasiswa teknik Informatika Universitas Halu Oleo Kendari ini memilih mengembangkan kemampuannya dan berperan dalam pembentukan model sekolah berbasis digital client server di Kendari.

“Yudha dan Fadlin adalah contoh dimana OSN Pertamina berhasil meningkatkan daya saing pesertanya,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper