Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Tak Peduli Nasib Guru Honorer

Pendapatan serta status kepegawaian para guru honorer yang kurang jelas masa depannya membuat sebagian besar dari mereka melakoni pekerjaan sampingan.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Pendapatan dan status kepegawaian guru honorer yang kurang jelas masa depannya membuat sebagian besar dari mereka melakoni pekerjaan sampingan.

“Ada guru honorer kalau pagi pengajar, kalau sore mencari pasir, batu kali untuk dijual. Ada juga guru honorer yang sekarang jualan batu akik, bahkan jadi tukang ojek," jelas Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo, di Jakarta, Senin (7/9/2015).

Menurutnya, mereka menjadi guru karena panggilan jiwa. Namun, sayangnya pemerintah tak peduli dengan nasib mereka padahal harus memberi makan keluarganya.

Jumlah guru honorer saat ini, papar Sulistiyo, lebih dari 1,7 juta orang. Pemerintah  diharap memberi gaji yang laya,  karena jasa guru honorer  sama seperti guru PNS.

Dikatakan, guru honor hanya memperoleh Rp200 ribu per bulan. Padahal, jam kerjanya sama dengan guru PNS, namun secara kepegawaian tak jelas statusnya.

"Penghasilan guru honorer sangat rendah dan tak memadai. Tak ada anggarannya dari pemerintah untuk mereka, sehingga kepala sekolah sampai mencari uang tambahan untuk menggaji mereka," katanya.

Pengamat pendidikan Muhammad Abduhzen mengatakan, saat ini Kemendikbud melakukan Gerakan  Pemuliaan Guru. Seharusnya gerakan itu mengangkat kesejahteraan guru honorer, sehingga hidupnya jadi lebih mulia.

"Kalau pemuliaan guru tak bisa menyejahterakan guru, artinya pemuliaan guru tak fokus. Bahkan gerakan ini malah  mengganggu fokus program strategis dari Kemendikbud itu sendiri,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper