Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengamat Curigai Ada Misi Tersembunyi Jokowi Tempatkan Rizal Ramli di Kabinet

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Tjipta Lesmana yakin Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli tak berhenti berbicara kritis atas masalah yang dianggap serius dan berkaitan dengan kepentingan khalayak.
Rizal Ramli/Antara
Rizal Ramli/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Tjipta Lesmana yakin Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli tak berhenti berbicara kritis atas masalah yang dianggap serius dan berkaitan dengan kepentingan khalayak.

"Saya hakul yakin dia tidak akan tutup suara kalau ada masalah serius, masalah dengan publik," katanya setelah acara diskusi di Jakarta, Sabtu (22/8/2015). 

Menurut Tjipta, Rizal Ramli merupakan tipikal orang yang akan buka suara jika ada permasalahan penting untuk diketahui rakyat. Dia mencontohkan masalah penting ini dengan menyebutkan menteri ekonomi yang selalu menyalahkan faktor eksternal atas perlambatan ekonomi.

Menteri Keuangan, misalnya, terus mencari kambing hitam seperti menyalahkan ketidakpastian suku bunga bank sentral Amerika serta devaluasi yuan yang menyebabkan pasar terpengaruh faktor spekulasi dan psikologi.

Tjipta memprediksi nasib Rizal ke depan ada dua: diberhentikan karena tekanan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau semakin populer. Apalagi masyarakat sedang bereaksi atas pernyataan Rizal, dan PDIP masih tetap mendukung mantan menteri koordinasi zaman Gus Dur ini.

Tjipta mencurigai Jokowi mempunyai misi saat menempatkan Rizal, seperti mengawasi adanya kemungkinan para menteri yang ingin “main-main”.

Rizal melontarkan kritik terhadap sejumlah kebijakan pemerintah. Menteri Koordinator Kemaritiman ini mengkritik proyek nasional pembangkit listrik 35.000 megawatt dan pembelian pesawat Airbus A350 oleh Garuda Indonesia. 

Menurut Rizal, proyek pembangkit listrik perlu dikaji dengan hati-hati. Adapun pembelian armada pesawat Airbus tak mendesak karena rute penerbangan yang bakal dilintasi pesawat baru itu terus merugi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno geram mendengar kritik tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper