Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbaiki Kesehatan Balita, Balikpapan Gelar Gebyar Posyandu

Pemerintah Kota Balikpapan menggelar acara Gebyar Posyandu hari ini (7/8) untuk meningkatkan jumlah balita yang ditimbang badannya dan meningkatkan jumlah pemberian vitamin A.
Keluarga bengcengkerama di halaman. / Istimewa-BIM
Keluarga bengcengkerama di halaman. / Istimewa-BIM

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pemerintah Kota Balikpapan menggelar acara Gebyar Posyandu hari ini (7/8) untuk meningkatkan jumlah balita yang ditimbang badannya dan meningkatkan jumlah pemberian vitamin A.

Acara berlangsung pada pukul 09.00 Wita hingga 11.00 Wita, digelar di Gedung PKK dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Ballerina JPP.

“Jumlah balita yang ditimbang berat badannya dan penetesan vitamin A merupakan program gizi yang belum mencapai target indikator Standar Pelayanan Minimal, sehingga kegiatan ini perlu dilakukan,” tutur Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Jumat (7/8/2015).

Dia mengatakan pencapaian cakupan penimbangan balita (Cakupan D/S) pada 2014 sebesar 80,3% dari target 85%, sedangkan pada Juli tahu ini cakupan D/S baru mencapai 76,1%.

Untuk penetesan vitamin A, target pada 2014 sebesar 85% dan pencapaian baru 77,1%. Sedangkan pencapaian pada penetesan  pertama pada Februari silam baru mencapai 62,2%.

“Dalam acara ini, kami juga menilai jumlah kunjungan balita ke Posyandu, di mana tim yang terlibat berasal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB), TP-PKK Kota Balikpapan, dan Dinkes Kota Balikpapan,” sambung Rizal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Ballerina JPP mengatakan saat ini total jumlah Posyandu di kota itu mencapai sekitar 1.700 posyandu yang tersebar merata di semua kecamatan dan kelurahan.

“Itu termasuk yang aktif dan tidak aktif, kalau yang tidak aktif saya belum tahu data lengkapnya. Tapi mudah-mudahan kunjungan balita dalam bulan penetesan vitamin A kedua ini bertambah dari sebelumnya,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper