Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Suramadu Hadir, Kapal Penyeberangan Madura-Surabaya Sepi Peminat

Bisnis.com, SURABAYA Popularitas kapal penyeberangan yang menghubungkan Surabaya Madura dan sebaliknya kini semakin karena masyarakat lebih memilih menyeberang lewat jembatan Suramadu.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, SURABAYA – Popularitas kapal penyeberangan yang menghubungkan Surabaya – Madura dan sebaliknya kini semakin sepi, karena masyarakat lebih memilih menyeberang lewat jembatan Suramadu.

Saat Bisnis.com berkesempatan menggunakan moda transportasi ini, pada Rabu (15/7/2015) malam, kapal yang juga mengangkut mobil dan motor itu terlihat sepi.  Mobil yang terparkir tak sampai lima unit.

Di dek penumpang yang ada di bagian atas, sebagian besar kursi kayu warna coklat juga kosong. Dari kapasitas 200 kursi, hanya ada puluhan penumpang yang duduk di sana.

Menurut Nisa, salah satu penumpang yang sering bolak-balik Surabaya-Madura, kapal tersebut hanya ramai pada jam tertentu saja, misalnya siang hari.

“Sejak adanya [Jembatan] Suramadu, orang lebih senang naik motor atau mobil sendiri. Mungkin karena ini harus bayar sementara kalau naik motor kan gratis,” tutur mahasiswi IKIP Bangkalan Madura itu.

Dari pengamatan, jarak tempuh dari Bangkalan ke pelabuhan Kamal di Madura memang lebih jauh daripada jika berkendara ke gerbang tol Suramadu. Misalnya, dari lokasi Bebek Sinjay, hanya perlu berkendara 15-20 menit ke gerbang tol sementara jika harus ke Pelabuhan Kamal bisa memakan waktu 30-45 menit.

Begitu juga kondisi di Pelabuhan Merak. Meski di sana ada banyak angkot dan bus yang menanti penumpang, perjalanan jadi terasa lebih jauh jika ingin ke pusat kota Surabaya.

Di sisi lain, jika naik kapal maka harus mengeluarkan ongkos Rp5.000 sementara jika naik motor lewat tol Suramadu kini tak perlu membayar karcis tol alias gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper