Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revisi UU KPK: DPR Sertakan Draf Buatan KPK Sebagai Acuan

DPR akan menyertakan draf revisi UU No. 30/2002 tentang KPK yang dibuat oleh KPK sebagai acuan agar pembahasan revisi tidak berujung pada pelemahan institusi pencegah dan pemberantas korupsi tersebut.
KPK/Antara
KPK/Antara

Kabar24.com, JAKARTA — DPR akan menyertakan draf revisi UU No. 30/2002 tentang KPK yang dibuat oleh KPK sebagai acuan agar pembahasan revisi tidak berujung pada pelemahan institusi pencegah dan pemberantas korupsi tersebut.

"Kami akan terima usulan itu,” kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Kompleks Gedung Parlemen, Kamis (25/6/2015).

Desmond J. Mahesa, anggota Komisi III DPR yang menjadi mitra kerja KPK, memastikan akan menerima draf revisi UU KPK yang disusun sendiri oleh KPK tersebut. “Itu bisa dijadikan acuan revisi agar tidak terjadi pelemahan,” katanya.

Menurut Desmond, draf yang diusulkan KPK bakal sangat membantu pembahasan yang saat ini masih dalam tahap wacana antara pemerintah dengan Badan Legislasi DPR.

Lagipula, DPR juga belum menyiapkan draf revisi UU KPK karena revisi tersebut diusulkan oleh pemerintah untuk masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2015.

Seperti diketahui, KPK menyiapkan draf revisi UU KPK untuk melawan upaya pelemahan, menyusul masuknya agenda revisi beleid tersebut dalam Prolegnas Prioritas 2015.

Masuknya UU KPK dalam Prolegnas prioritas 2015 itu disahkan dalam sidang paripurna yang dipimpin Fahri Hamzah, Selasa (23/6/2015).

Dengan demikian, dalam waktu dekat, revisi UU KPK itu akan masuk dalam pembahasan antara pemerintah dan Komisi III DPR meski Presiden Joko Widodo sudah menyuarakan penolakan revisi UU tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper