Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Effendi Simbolon Sebut Sudirman Said Ikut Nikmati 'Bancakan' Petral

Politikus PDIP Effendi Simbolon menuding Sudirman Said, Menteri ESDM, juga ikut terlibat dalam pengambilan keuntungan dari bisnis Pertamina Energy Trading Limited (Petral) selama ini.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 20 Mei 2015  |  16:38 WIB
Effendi Simbolon - Antara
Effendi Simbolon - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Politikus PDIP Effendi Simbolon menuding Sudirman Said, Menteri ESDM, juga ikut terlibat dalam pengambilan keuntungan dari bisnis Pertamina Energy Trading Limited (Petral) selama ini.

Sebagai mantan anggota Komisi VII DPR yang kini duduk di Komisi I, Effendi yang beranggapan, konflik yang muncul antara Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Presiden ke-6 RI dan Sudirman Said tersebut hanya masalah pecah kongsi antarkubu yang ada di Petral.

Bahkan Effendi yang dikenal dekat dengan Artha Meris Simbolon, Presiden Direktur PT Parna Raya Group—perusahaan yang ditunjuk sebagai trader dan importir migas—menuding bahwa Sudirman Said ikut menikmati kue keuntungan yang selama ini dibagi-bagi oleh Petral.

“Yang menuding [SBY] itu juga yang menikmati. Kita tahu, Sudirman Said kan anak buahnya Ari Soemarno,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Rabu (20/5).

Seperti diketahui, Ari Soemarno adalah kakak kandung Menteri BUMN Rini Soemarno yang pernah ditunjuk Presiden ke-5 RI untuk menjabat sebagai Direktur Utama Petral pada 2003.

Adapun Artha Meris juga pernah diperiksa oleh KPK sebagai saksi kasus korupsi SKK Migas yang melibatkan Rudi Rubiandini.

Lebih lanjut, Effendi menjelaskan, konflik pembubaran Petral tersebut dipicu oleh pindah tangannya kartel yang bermain dalam bisnis migas nasional.

“Ini muncul karena kartel A ke kartel B. Sudirman Said kan bagian dari kartel B, yang sekarang HSC. Jadi saat dia [Sudirman Said] menunjuk orang lain, dia juga menunjuk dirinya sendiri.”

Untuk membuktikannya, paparnya, perlu ada audit forensik dan investigatif untuk mengungkap siapa yang selama ini diuntungkan dalam bisnis Petral.

“Kita juga tidak bisa menutup mata, bahwa selama ini yang menikmati Petral.”

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

effendi simbolon Petral sudirman said
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top