Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPK Yakin Menang Lawan Hadi Poernomo

Ketua KPK Taufiequrachman Ruki optimistis menang atas gugatan praperadilan yang dilayangkan mantan Dirjen Pajak, Hadi Poernomo, yang telah ditetapkan sebagai tersangka pada 21 April 2014.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 19 Mei 2015  |  14:16 WIB
Mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo menjalani sidang perdana praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (18/5/2015). - Antara/Hafidz Mubarak A
Mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo menjalani sidang perdana praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (18/5/2015). - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua KPK Taufiequrachman Ruki optimistis menang atas gugatan praperadilan yang dilayangkan mantan Dirjen Pajak, Hadi Poernomo, yang telah ditetapkan sebagai tersangka pada 21 April 2014.

Ruki beranggapan, optimisme itu muncul saat melihat fakta penyidikan. “Sejak menetapkan menjadi tersangka, prinsip seorang penyidik harus memiliki alat bukti. Dan saya yakin betul,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Selasa (19/5/2015).

Meski demikian, Ruki tidak menampik bahwa ada risiko kekalahan dalam kasus praperadilan Hadi Poernomo. “Kalau hakim beranggapan alat bukti kurang, ya mau gimana lagi. Tapi saya yakin, penyidik KPK cukup profesional dalam menangani segala hal,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Hadi Poernomo sempat mencabut permohonan praperadilan di PN Jakarta Selatan. Namun, Hadi mengajukan praperadilan kembali setelah Mahkamah Konstitusi memasukkan penetapan tersangka sebagai objek praperadilan.

Hadi beranggapan, menurut hukum, keberatan pajak bukan objek penyidikan pajak karena keberatan pajak bukan merupakan perbuatan pidana, namun upaya hukum yang bersifat administratif dan belum final apabila masih terjadi sengketa pajak.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpk
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top