Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITB Jadi Tuan Rumah International Student Energy Summit 2015

ndonesia dan Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara International Student Energy Summit (ISES) 2015, yang akan berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center pada 10 – 13 Juni 2015.
ITB terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara International Student Energy Summit/ILUSTRASI
ITB terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara International Student Energy Summit/ILUSTRASI

Bisnis.com, JAKARTA-- Indonesia dan Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara International Student Energy Summit (ISES) 2015, yang akan berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center pada 10 – 13 Juni 2015.

Terpilihnya Indonesia dan ITB menjadi tuan rumah diperoleh setelah berhasil menyisihkan kandidat kuat universitas-universitas ternama dari 15 negara melalui proses seleksi yang panjang dan kompetitif, diantaranya universitas bergengsi Carnegie Mellon University Amerika Serikat, Delft University of Technology Belanda, serta perguruan tinggi lainnya dari Kanada, Arab Saudi serta Rumania.

"Melalui konferensi ini, kami berharap dapat memperkenalkan potensi energi Indonesia kepada seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki sumber panas bumi yang melimpah. Termasuk sinar matahari, batu bara, dan lainnya,” kata Prof Tutuka Ariadji, guru besar ITB, yang juga duduk sebagai salah satu anggota High Level Advisory Board ISES 2015, Jumat (15/5/2015).

Dia mengatakan tema ISES tahun ini adalah “Connecting the Unconnected” yang akan membicarakan kesenjangan dalam pemanfaatan serta pengembangan energi di negara maju dan negara berkembang serta upaya untuk mengurangi jarak kesenjangan tersebut.

Selain isu-isu ketahanan energi dunia, konferensi, yang akan dihadiri lebih dari 800 pemuda dari hampir 100 negara ini, akan membicarakan isu-isu lingkungan hidup.

"KTT ini akan menggelar berbagai aktivitas, termasuk konferensi, lokakarya, kompetisi karya ilmiah, kunjungan lapangan serta kegiatan sosial," ujarnya.

ISES 2015 akan menghadirkan Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Dr. Rajendra Pachauri dan sejumlah ahli di bidang energi, lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan sebagai pembicara, diantaranya Jeffrey Sachs (Profesor di bidang Ekonomi dari Columbia University), Heinz Kopetz (Presiden dari World Bioenergy Association), Sri Mulyani (Managing Director World Bank), Queen Rania Al-Abdullah (Ratu Yordania dan aktivis global), dan John Hofmeister (Ketua Citizens for Affordable Energy).Termasuk dalam daftar undangan adalah Sekjen PBB Ban Ki Moon dan Sekjen OPEC Abdalla Salem el-Badri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper