Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NOVEL BASWEDAN DITANGKAP: Jika Tak Terima, Novel Bisa Ajukan Upaya Hukum

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyarankan Novel Baswedan, penyidik KPK, mengajukan upaya hukum atas penangkapan dirinya oleh Bareskrim Mabes Polri
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 01 Mei 2015  |  16:32 WIB
NOVEL BASWEDAN DITANGKAP: Jika Tak Terima, Novel Bisa Ajukan Upaya Hukum
Ilustrasi: Suasana sidang gugatan praperadilan Budi Gunawan kepada KPK, di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (9/2/2015). Novel bisa melakukan langkah serupa terhadap Bareskrim Polri atas penangkapan dirinya. - Antara/Reno Esnir

Kabar24.com, JAKARTA— Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyarankan Novel Baswedan, penyidik KPK, mengajukan upaya hukum atas penangkapan dirinya oleh Bareskrim Mabes Polri.

Adrianus Meliala, salah satu komisioner Kompolnas, mengatakan Novel bisa menempuh upaya lain jika tak terima dengan perlakuan itu. “Jika tidak terima, Novel bisa melaporkan penyidik ke propam,” katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (1/5/2015).

Selanjutnya, Novel bisa melakukan upaya hukum dengan mengajukan praperadilan seperti apa yang dilakukan Komjen Pol Budi Gunawan saat KPK menyematkan status tersangka. “Lagipula, MK sudah mewadahi upaya itu,” tambahnya.

Jadi, jangan menggunakan hukum jalanan. “Jangan bermain dengan asumsi tentang hukum. Jangan lantas menggunakan massa atau opini publik untuk mematahkan hukum. Semua sudah diatur kok,” katanya.

Menurut Adrianus, langkah Bareskrim menjemput Novel itu sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Bareskrim sudah berusaha memanggil novel, tetapi Novel selalu mangkir.

Sesuai aturan, jika surat pemanggilan pertama dan kedua diabaikan, penyidik bisa menjemput yang bersangkutan. “Novel pernah dipanggil sebanyak dua kali oleh Bareskrim, namun selalu mangkir,” kata Adrianus lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompolnas KPK vs Polri novel baswedan
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top