Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NOVEL BASWEDAN DITANGKAP: Kompolnas Sebut Kuat Dugaan Novel Terlibat Penganiayaan

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menduga kuat Novel Baswedan, penyidik KPK, terlibat dalam kasus dugaan penganiayaan narapidana pencurian sarang burung walet di Bengkulu pada 2004.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 01 Mei 2015  |  16:05 WIB
NOVEL BASWEDAN DITANGKAP: Kompolnas Sebut Kuat Dugaan Novel Terlibat Penganiayaan
Novel Baswedan - Antara

Kabar24.com, JAKARTA— Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menduga kuat Novel Baswedan, penyidik KPK, terlibat dalam kasus dugaan penganiayaan narapidana pencurian sarang burung walet di Bengkulu pada 2004.

Adrianus Meliala, salah satu komisioner Kompolnas, mengatakan meski bukan penyidik, kompolnas sempat meminta keterangan beberapa pihak terkait kasus yang melibatkan Novel.

Saat itu, jelasnya, Kompolnas telah mengorek keterangan dari sejumlah pihak tentang keterlibatan Novel.

“Kami sudah meminta keterangan dari beberapa pihak yang berdomisili di Bengkulu, Bandung, dan Jakarta,” katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (1/5/2015) sore.

Dalam bahasa penyelidikan, paparnya, Kompolnas menyimpulkan Novel diduga kuat terlibat. “Hasil dari penyelidikan pada 2012 itu, fakta-fakta dan keterangan memperkuat keterlibatan Novel,” katanya.

Dengan demikian, penangkapan Novel itu sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. “Novel sempat beberapa kali dipanggil, namun selalu mangkir. Nah sesuai dengan aturan, penyidik bisa melakukan penjemputan kepada yang bersangkutan,” kata Adrianus.

Keterlibatan kompolnas dalam menyelidiki kasus Novel itu atas, salah satutunya,  inisiasi dari Albert Hasibuan yang saat itu menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Menurutnya, harus ada lembaga independen yang menyelidiki kebenaran penyidik KPK asal kepolisian itu melakukan tindak pidana penganiayaan berat seperti yang dituduhkan Kepolisian Daerah Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompolnas KPK vs Polri novel baswedan
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top