Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GEMPA NEPAL: Cerita Keajaiban Sandy Chalise

Dilansir dari laman CNN International, Sandy Chalise adalah seorang remaja berusia 15 tahun yang lolos dari operasi pengangkatan darah beku di otaknya akibat luka benturan dengan tembokyang runtuh akibat gempa.
Emanuel Tome Hayon
Emanuel Tome Hayon - Bisnis.com 27 April 2015  |  23:32 WIB
Korban gempa di Nepal. Dikabarkan sudah 1.400 tewas akibat musibah tersebut. Sebanyak 18 jenazah ditemukan di Gunung Everest - Reuters
Korban gempa di Nepal. Dikabarkan sudah 1.400 tewas akibat musibah tersebut. Sebanyak 18 jenazah ditemukan di Gunung Everest - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Di tengah gempa dashyat yang melululantahkan Nepal, terdapat sebuah cerita yang menarik tentang kisah selamatnya seorang remaja bernama Sandy Chalise.

Dilansir dari laman CNN International, Sandy Chalise adalah seorang remaja berusia 15 tahun yang lolos dari operasi pengangkatan darah beku di otaknya akibat luka benturan dengan tembok yang runtuh akibat gempa.

Sanjay Gupta, Ahli Beda Saraf dan Kepala Koresponden Medis CNN mengatakan sebelum melakukan operasi, dirinya telah memprediksikan bahwa darah beku telah menggumpal di otaknya sebelah kanan.

Dengan kondisi seperti itu, lanjut Gupta, ia akhirnya bersama dengan tim medis di Rumah Sakit Bir Kathmadu terpaksa melakukan pembedahan untuk menyelamatkan nyawa Chalise.

Dalam kondisi yang kurang ideal dan serba terbatas akibat gempa, Gupta melakukan pembedahan dan mulai membersihkan luka yang menembus ke otak kanan tersebut  dengan air steril dan yodium yang dituangkan dari botol, serta air panas dari wastafel.

Meskipun kondisi suboptimal, operasi ini sukses dan prognosisnya baik.

"Ini mungkin tidak terlihat, tapi Sandhya adalah salah satu yang beruntung," uajr Gupta seperti dikutip dari CNN International, Senin (27/4/2015).

Ribuan warga Nepal yang terluka akibat gempa pada Sabtu (25/4/2015) telah membanjiri rumah sakit dan membuat petugas medis kewalahan.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa bumi
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top