Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indo Barometer: Mayoritas Rakyat Dukung Hukuman Mati

Mayoritas rakyat Indonesia atau sebanyak 86% mendukung langkah Presiden Joko Widodo menghukum mati pengedar narkoba meski isu tersebut menjadi kontroversi karena adanya penolakan oleh sebagian kalangan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 27 April 2015  |  11:17 WIB
Mayoritas rakyat dukung hukuman mati. -
Mayoritas rakyat dukung hukuman mati. -

Bisnis.com, JAKARTA- Mayoritas rakyat Indonesia atau sebanyak 86% mendukung langkah Presiden Joko Widodo menghukum mati pengedar narkoba meski isu tersebut menjadi kontroversi karena adanya penolakan oleh sebagian  kalangan.

Menurut hasil penelitian Indo Barometer, mereka yang mendukung langkah Jokowi beralasan narkoba telah merusak generasi muda bangsa dan hukuman mati sebagai cara untuk membuat efek jera.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan meski muncul pro dan kontra hukuman mati terhadap pengedar narkoba dan adanya tekanan dari negara asing, ternyata publik mendukung langkah Presiden Jokowi mengeksekusi mati pengedar narkoba.

Menurut hasil penelitian pada 15 sampai 25 Maret 2015 itu, mayoritas publik Indonesia atau sekitar 84,1% menyatakan setuju dengan hukuman mati yang diberikan kepada pengedar narkoba. Bagi mereka yang setuju, alasan yang banyak diungkap adalah narkoba merusak generasi muda (60,8%) dan dapat menyebabkan efek jera (23,7%),” kata Qodari.

Menurutnya, sebagian besar atau sekitar 84,6% masyarakat Indonesia mendukung langkah Presiden Jokowi dalam menerapkan hukuman mati bagi pengedar narkoba. Sedangkan yang tidak mendukung hanya 10,3%.

“Dan mayoritas publik (86,3%) menyatakan Presiden Jokowi sebaiknya tetap melanjutkan hukuman mati terhadap terpidana kasus narkoba, meski negara lain akan memutuskan hubungan diplomatik dan menghentikan kerja sama ekonomi dengan Indonesia,” katanya, Senin (27/4/2015).

Qodari mengatakan, publik juga berpendapat bahwa selain terhadap para pengedar narkoba, hukuman mati juga diterapkan pada jenis kejahatan lain, seperti koruptor (50,3%), pembunuhan (16,3%), dan kejahatan seksual (4,2%).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

survei hukuman mati
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top