Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapa Wakapolri? Wanjakti Segera Bersidang

Markas besar kepolisian RI menyatakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi (Wanjakti) untuk menentukan Wakapolri, setelah terpilihnya Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri.
Pelantikan Kapolri Badrodin Haiti. / Bisnis -akhirul anwar
Pelantikan Kapolri Badrodin Haiti. / Bisnis -akhirul anwar

Kabar24.com, JAKARTA -- Markas besar kepolisian RI menyatakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi (Wanjakti) untuk menentukan Wakapolri, setelah terpilihnya Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

"Rapat Wanjakti mudah-mudahan kalau tidak hari ini atau besok, kita ingin secepatnya," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Anton Charliyan saat ditemui di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Dia mengatakan dalam Wanjakti akan dihadiri beberapa unsur Polri, kemudian akan dibentuk Dewan Pertimbangan Karir untuk menentukan sosok yang mengisi posisi Wakapolri. "Jadi akan ditentukan siapa yang kira-kira bisa jadi Wakapolri," kata Anton.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama, kami juga berharap Wakapolri segera terisi. Sehingga dengan demikian Polri lengkap, ada kaki dan tangannya."

Saat disinggung siapa calon pendamping Jenderal Badrodin di Trunojoyo, Anton mengatakan seluruh pejabat tinggi Polri berbintang tiga berpeluang menjabat Wakapolri. "Semua yang bintang tiga," katanya.

Berdasarkan informasi yang ditelusuri saat ini terdapat delapan jenderal bintang tiga di Polri. Antara lain Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan, Irwasum Komjen Dwi Priyatno, Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Komjen Budi Waseso, Kalakhar BNN Komjen Anang Iskandar, Kabaintelkam Komjen Djoko Mukti Haryono, Kepala BNPT Komjen Saud Usman Nasution, dan Sestama Lemhanas Komjen Suhardi Alius.

Lebih lanjut Anton mengatakan pihaknya akan melakukan upacara penyambutan untuk Kapolri baru Jenderal Badrodin Haiti. "Saya kira penyambutan tidak boleh dibesar-besarkan. Ala kadarnya saja seperti rapat-rapat biasa. Acaranya hari Senin sekaligus pengarahan."

Badrodin resmi menjabat Kapolri setelah melewati tahap uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Kamis (16/4). Setelah itu, Presiden Joko Widodo melantiknya sebagai Kapolri di Istana Negara, Jumat (17/4) pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper