Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siapa Wakapolri? Wanjakti Segera Bersidang

Markas besar kepolisian RI menyatakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi (Wanjakti) untuk menentukan Wakapolri, setelah terpilihnya Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 17 April 2015  |  14:05 WIB
Pelantikan Kapolri Badrodin Haiti.  -  Bisnis /akhirul anwar
Pelantikan Kapolri Badrodin Haiti. - Bisnis /akhirul anwar

Kabar24.com, JAKARTA -- Markas besar kepolisian RI menyatakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi (Wanjakti) untuk menentukan Wakapolri, setelah terpilihnya Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

"Rapat Wanjakti mudah-mudahan kalau tidak hari ini atau besok, kita ingin secepatnya," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Anton Charliyan saat ditemui di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Dia mengatakan dalam Wanjakti akan dihadiri beberapa unsur Polri, kemudian akan dibentuk Dewan Pertimbangan Karir untuk menentukan sosok yang mengisi posisi Wakapolri. "Jadi akan ditentukan siapa yang kira-kira bisa jadi Wakapolri," kata Anton.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama, kami juga berharap Wakapolri segera terisi. Sehingga dengan demikian Polri lengkap, ada kaki dan tangannya."

Saat disinggung siapa calon pendamping Jenderal Badrodin di Trunojoyo, Anton mengatakan seluruh pejabat tinggi Polri berbintang tiga berpeluang menjabat Wakapolri. "Semua yang bintang tiga," katanya.

Berdasarkan informasi yang ditelusuri saat ini terdapat delapan jenderal bintang tiga di Polri. Antara lain Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan, Irwasum Komjen Dwi Priyatno, Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Komjen Budi Waseso, Kalakhar BNN Komjen Anang Iskandar, Kabaintelkam Komjen Djoko Mukti Haryono, Kepala BNPT Komjen Saud Usman Nasution, dan Sestama Lemhanas Komjen Suhardi Alius.

Lebih lanjut Anton mengatakan pihaknya akan melakukan upacara penyambutan untuk Kapolri baru Jenderal Badrodin Haiti. "Saya kira penyambutan tidak boleh dibesar-besarkan. Ala kadarnya saja seperti rapat-rapat biasa. Acaranya hari Senin sekaligus pengarahan."

Badrodin resmi menjabat Kapolri setelah melewati tahap uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Kamis (16/4). Setelah itu, Presiden Joko Widodo melantiknya sebagai Kapolri di Istana Negara, Jumat (17/4) pagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapolri wakapolri
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top