Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impor Sumsel Melonjak 6 Kali Lipat

Seiring dengan menggeliatnya pembangunan infrastruktur dan investasi, realisasi impor Sumatra Selatan periode Maret 2015 melonjak enam kali lipat menjadi US$135,76 juta dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$18,88 juta.

Kabar24.com, PALEMBANG—Seiring dengan menggeliatnya pembangunan infrastruktur dan investasi, realisasi impor Sumatra Selatan periode Maret 2015 melonjak enam kali lipat menjadi US$135,76 juta dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$18,88 juta.
 
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Selatan Bachdi Ruswana mengatakan melonjaknya nilai impor tersebut mencerminkan banyaknya pembangunan infrastruktur dan investasi yang terjadi di Sumatra Selatan.
 
“Akibatnya, permintaan Sumatra Selatan akan barang impor menjadi sangat tinggi, terutama kebutuhan barang seperti mesin, pesawat mekanik, dan peralatan listrik,” ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (15/04).
 
BPS Sumsel mencatat impor barang modal menyumbang 65% atau US$87,99 juta dari total impor Maret 2015. Sementara, impor bahan baku/penolong menyumbang US$46,74 juta atau 34%. Adapun, impor barang konsumsi hanya US$1,03 juta.
 
Sepanjang kuartal pertama, Sumsel mencatatkan realisasi impor hingga US$285,04 juta, atau naik 233% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$85,61 juta. Adapun, Tiongkok menjadi negara asal impor terbesar Sumsel, dengan nilai US$123,40 juta.
 
Berbanding terbalik, realisasi ekspor Sumsel pada Maret 2015 justru mencatatkan penurunan hingga 21% menjadi US$216,02 juta dari periode yang sama tahun sebelumnya sebelumnya sebesar US$274,20 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper