Perundingan Nuklir Iran Molor Lagi

Meski sudah dua hari melampaui batas waktu perundingan, kelompok negara industri maju terus membahas program nuklir bersama Iran secara maraton.
John Andhi Oktaveri | 02 April 2015 10:34 WIB
Reaktor Nuklir Iran - Theguardian.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA—Meski sudah dua hari melampaui batas waktu perundingan, kelompok negara industri maju terus membahas program nuklir bersama Iran secara maraton.

Para diplomat menyatakan bahwa peluang dicapainya kesepakatan awal sama besarnya dengan kegagalan perundingan itu dalam beberapa jam ke depan.

Perundingan yang berupaya untuk melarang Iran untuk membangun bom nuklir dengan imbalan pencabutan sanksi, telah menjadi isu sensitif yang alot untuk diselesaikan saat perundingan.

Setelah batas waktu telewati Selasa malam lalu, mereka masih terjebak pada pembicaraan tahap pertama sehingga memakan waktu cukup lama untuk diselesaikan sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (2/4/2015).

Menlu AS John Kerry dan Menlu Jerman Frank-Walter Steinmeier menyatakan akan bertahan sampai Kamis ini untuk mencapai kesepakatan "politis", sebuah langkah penting menuju kesepakatan akhir yang harus disepakati pada akhir Juni mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nuklir iran, sanksi

Sumber : Reuters
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top