Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LEE KUAN YEW MENINGGAL DUNIA: SBY Terkenang dengan Ucapan Lee Yang Mengejutkan

Mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengaku pernah terkejut oleh ucapan menteri mentor sekaligus mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew.
Lee Kuan Yew/Reuters-Bazuki Muhammad
Lee Kuan Yew/Reuters-Bazuki Muhammad

Kabar24.com, JAKARTA - Mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengaku pernah terkejut oleh ucapan menteri mentor sekaligus mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew.

Di awal masa jabatan pertamanya sebagai Presiden , SBY diberitahu Lee Kuan Yew bahwa masalah Indonesia begitu kompleks sehingga SBY dia perkirakan hanya akan mampu menyelesaikan sepertiga dari target yang ditetapkannya selama lima tahun masa pemerintahan.

"Saat saya mendengar hal ini, saya terkejut. Sejenak saya berpikir, mengapa teman Indonesia ini cenderung memandang rendah kemampuan saya dan pemerintahan yang saya pimpin," tulis SBY dalam bukunya, "Selalu Ada Pilihan", yang diluncurkan awal 2014 lalu, seperti dilansir The Strait Times pada 19 Januari 2014.

Teman yang dia maksud adalah mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew, yang dia temui dalam lawatan ke negeri pulau itu awal tahun 2005. SBY sendiri menggambarkan Lee Kuan Yew sebagai orang yang sangat dihormati dan perdana menteri yang sukses.

SBY menulis bahwa Lee mengatakan padanya demikian, "Saya yakin Anda dapat memimpin Indonesia. Anda memahami masalah-masalah yang harus diatasi dan pada saat yang sama, memahami langkah apa yang perlu diambil Indonesia ke depannya."

"Tapi ingat, masalah-masalah yang perlu diatasi sangat kompleks. Bahkan jika Anda berusaha sebaik mungkin, dalam lima tahun ini, Anda mungkin hanya akan dapat menyelesaikan sekitar 30% hingga 40% saja."

SBY juga menulis dalam bukunya setebal 824 halaman tersebut, bahwa sisa pertemuannya dengan Lee Kuan Yew sangat menggembirakan. Lee Kuan Yew meyakinkan dan memotivasi SBY untuk teguh dan tekun bertahan dalam tugasnya sebagai pemimpin Indonesia.

SBY mengenang ucapan Lee Kuan Yew yang menyatakan. "Tapi, jika Presiden saat ini bukan Anda, mungkin pencapaian dia lebih rendah. Di masa jabatan kedua, atau lima tahun berikutnya, Anda bisa meningkatkan pencapaian. Menurut saya, Anda bisa menyelesaikan 70% dari sasaran yang akan Anda capai."

Lee Kuan Yew, pendiri sekaligus mantan perdana menteri dan ayah PM Singapura saat ini Lee Hsien Loong, wafat dalam usia 91 tahun, setelah dirawat selama 47 hari di Rumah Sakit Umum Singapura akibat penyakit pneumonia, Senin dinihari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper